Yuk Kenali Apa Itu User Generated Content

0
137

PROFESI-UNM.COM – Saat ini peran media sosial meningkat secara signifikan. Orang-orang umumnya lebih cepat memperoleh berita dari media sosial, seperti twitter, instagram, dan lainnya dibandingkan membaca langsung dari portal berita.

Hal ini disebabkan unggahan atau konten di media sosial lebih cepat tersebar luas mengingat jumlah penggunanya yang kian melonjak. Selain itu, media sosial memiliki fitur like, comment, share, dan repost sehingga semakin banyak peluang unggahan menjadi viral. Inilah contoh dari user generated content.

Dikutip dari The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy, User Generated Content (UGC) merupakan konten berisi informasi yang dibuat oleh pengguna atau sering disebut juga dengan user dalam media komunikasi.

Pengguna mudah memberikan feedback terhadap unggahan di media sosial. Misalnya pengguna mengunggah suatu tulisan kemudian diunggah ulang atau dibagikan oleh pengguna lain. Hal ini terjadi terus-menerus hingga unggahan dengan cepat tersebar luas.

User generated content ini menjadi salah satu tantangan bagi pers mahasiswa, karena pengguna yang bukan jurnalis dapat menulis atau membuat konten dengan format menyerupai berita namun belum tentu kebenarannya dan bisa menjadi viral.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) juga akan membahas UGC ini loh dalam perhelatan PINISI 2021. Tak tanggung-tanggung, pemateri yang digaet juga merupakan yang ahli dibidangnya. Pemimpin redaksi detik.com, Alfito Deannova Ginting didapuk menjadi pemateri. Jangan lewatkan kesempatan, segera daftarkan diri dan timmu di http://bit.ly/FormulirPendaftaranPinisi2021.

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini