PROFESI-UNM.COM – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Webinar dengan tema “Langkah Praktis Publikasi Skripsi”. Webinar ini digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam publikasi karya ilmiah, Kamis (18/11).

Kegiatan ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan live streaming youtube, webinar tersebut resmi dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi, Muhammad Daud.

Kegiatan ini merupakan inisiasi bidang akademik di bawah komando WD 1 berlangsung dengan dua sesi, yakni sesi pertama berupa penyampaian materi oleh narasumber dan sesi kedua berupa tanya jawab antara peserta webinar dan narasumber.

Muhammad Daud dalam sambutannya menjelaskan seberapa penting bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan webinar yang diwajibkan bagi mahasiswa angkatan 2015, 2016, dan 2017 tersebut.

“Karena di akhir penyelesaian tugas mahasiswa dengan penyusunan skripsi, juga mereka dituntut untuk ikut atau mampu mempublish karya ilmiah skripsinya pada jurnal-jurnal yang ada, khususnya pada jurnal yang terakreditasi,” jelasnya.

Adapun subtema yang dibahas dalam webinar tersebut diantaranya, penelusuran referensi artikel, manajemen referensi dan sitasi menggunakan mandeley, tahapan-tahapan yang dilakukan dalam menyusun draf naskah jurnal yaitu prosedur mengirim/submit, naskah ke jurnal ilmiah dan mencari jurnal yang tepat.

Lebih lanjut, webinar Psikologi itu dipandu oleh moderator Nurfitriani Fachri, dosen FPsi juga selaku Pengelola Jurnal Talenta, sinta 4 dan menghadirkan Muh. Ilham Bakhtiar, editor in Chief Joirnal EST UNM, terakreditasi sinta 2 sebagai narasumber.

“Saya yakin dan percaya, saya tahu persis pengalaman dinda Ilham ini cukup luar biasa dalam pengelolaan jurnal dan dalam penulisan artikel ilmiah,” tutur Daud. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah