WR III UNM, Sukardi Weda di Aksi Aliansi Mahasiswa UNM, Kamis (18/11). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) mendesak pihak kampus untuk segera mengimplementasikan Permendikbudristek No.30 Tahun 2021. Aksi tersebut dilakukan di pelataran pinisi UNM, Kamis (18/11).

Salah satu pengurus LK, Zakiah mengungkapkan bahwa lembaga kemahasiswaan menuntut disahkannya peraturan pencegahan kekerasan seksual. Ia juga mengatakan aksi tersebut dilakukan untuk mendesak pihak kampus agar melakukan sosialisasi secepat mungkin.

“Seharusnya kampus itu berlomba-lomba untuk melakukan pencegahan dalam kasus pelecehan seksual,” ungkapnya.

Lanjut, Zakiah juga merasa aneh mengenai tanggapan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR 3), Sukardi Weda yaitu menunggu Perguruan Tinggi lain untuk menerapkannya dan kontroversi masyarakat.

“Tidak apa-apa kalau mau dulu dibicarakan di tataran pimpinan cuma saya harap di segerakan. Karena isu KS itu harus gercep orang untuk pencegahan. Sedangkan WR III mengatakan ketika ada kasus harusnya segera melaporkan,” jelasnya.

Disisi lain, kasus kekerasan seksual di fakultas FBS belum selesai terdapat pihak yang kurang setuju terkait peraturan tersebut. (*)

*Reporter: Anugrah/ Editor: Sumaya Nursyahidah