Pahami Fungsi Karya Tulis Ilmiah

0
469
Ilustrasi menulis karya tulis ilmiah, (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Menurut Chronica, karya ilmiah memiliki banyak sekali fungsi terutama bagi seorang penulis, lebih lanjut ia menjelaskan bahwa menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual. Jadi, dengan menulis karya ilmiah kita
akan mendapatkan manfaat yang besar, yaitu dapat menambah wawasan dan pengalaman kita dalam berbagai hal sehingga skemata kita akan semakin membaik dan kita pun akan terampil menulis.

Sejalan dengan pendapat di atas menurut Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2008: 9), karya tulis ilmiah hasil penelitian berfungsi mengomunikasikan ikhwal gagasan atau hasil penelitian yang telah dilakukan, khususnya:

  1. Gagasan: apa yang menjadi permasalahan, dan bagaimana gagasan yang dikemukakan dalam memecahkan masalah
  2. Penelitian: apa yang diteliti, mengapa penelitian dilakukan dan apa yang menjadi fokusnya, apa yang menjadi acuan konseptualnya, bagaimana desainnya, bagaimana data dikumpulkan dan dianalisis, temuan apa yang diperoleh, apa kesimpulan akhirnya, dan apa rekomendasi yang dinyatakan berdasarkan temuan tersebut bagi kepentingan praktis dan pengembangan ilmu.

Berdasarkan uraian di atas dapat dijelaskan bahwa seorang penulis dituntut untuk berpikir secara ilmiah dalam mencari solusi atas masalah yang muncul baik yang diperoleh dari data empiris maupun yang berasal dari kajian pustaka. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai karya tulis ilmiah yang memiliki manfaat bagi orang banyak. Dengan demikian, karya tulis ilmiah berfungsi untuk memublikasikan gagasan seseorang atau sekelompok orang berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran (kajian pustaka) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman pembaca. Dalam hal ini, menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan atau cakrawala pengetahuan, serta memberi kepuasan intelektual bagi penulis.

Tulisan ini dikutip dari buku “Menulis Karya Ilmiah” oleh Dalman. Diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada, tahun 2019. (*)

*Reporter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini