Penandatanganan MoU FIK UNM bersama Diaspora Sulsel. Selasa (16/11). (Foto: Ist - Humas UNM)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara UNM dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diaspora) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Menara Pinisi, Selasa (16/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNM Husain Syam, Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani, Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis, para wakil rektor dan dekan dalam lingkup UNM.

Husain Syam mengatakan Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut sebagai kelanjutan dari MoU dengan pemerintah Provinsi Sulsel pada bidang pengembangan olahraga di Sulsel.

“Kita betul-betul serius menandatangani kerjasama ini membangun sinergi, sebelumnya kita sudah buat MoU dengan Pemprov Sulsel dan ini bagian dari tindak lanjut dibidang keolah ragaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Husain mengatakan kegiatan ini sangat penting karena selama ini mahasiswa UNM selalu menjadi bagian dari atlet yang mengharumkan nama sulsel di kancah nasional.

“Tak bisa kita pungkiri sekitar 30 persen atlet dari UNM yang mewakili sulsel, sehingga pembangunan olahraga dimulai dari kampus, perjanjian kerjasama ini betu-betul ada sinergi antara kampus dan Pemerintah Provinsi,” ucapnya.

Selain itu, kerja sama ini menurut rektor bagian dari implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dimana perlunya kolaborasi dan sinergi antara kampus dan pemerintah provinsi.

“Kemudian ini juga berdasarkan Kepres tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dari Kemenpora kalau kita mau desain harusnya dari kampus kita mulai,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani mengatakan ini merupakan langkah dalam menggagas inovasi. Ia menyebut kampus menjadi pilihan dan rujukan peningkatan olahraga di sulsel.

“Ini betul-betul inovasi yang kita gagas, kita ingin implementatif, implementasi ini kita mulai tumbuh kembang dari kampus, dengan ini kita bisa memastikan sulsel ini industri olahraga ini dari kampus. Salah satu cara adalah menyapa kampus,” terangnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang