Prosesi berlangsungnya presentasi artikel dengan judul "Artifical Intellegence of Transition from Industrial Revolution 4.0 to Society 5.0, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tim mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih Gold Medal dalam International Articel Competition pada ajang Intergalactic 2021 yang digelar oleh Universitas Negeri Surabaya.

Adapun tim ini diketuai oleh Jumadila Purnama dan beranggotakan Muhammad Zulkifli dan Fayza Ananda serta Muhammad Husnul Khuluq sebagai supervisor.

Tim tersebut mengangkat “Artifical Intellegence of Transition from Industrial Revolution 4.0 to Society 5.0” sebagai judul dengan alasan nilai-nilai moral pada individu semakin tergerus dengan semakin canggihnya teknologi di era industri revolusi 4.0.

“Ini menjadi issues yang penting tapi belum banyak yang bahas. Maka dari itu kami ingin membuat design system bagaimana teknologi ini bukan lagi sebagai penyebab penurunan nilai-nilai moral tersebut, namun menjadi kekuatan kita untuk membangun nilai-nilai tersebut melalui pendidikan karakter,” tutur Jumadila.

Lanjut, Ia mengatakan sistem yang mereka buat juga sejalan dengan konsep dan visi dari era society 5.0 nanti

Tak lupa, mahasiswi asal Balikpapan ini juga mengungkapkan rasa bahagianya bisa meraih Gold Medal tersebut dan mengharumkan nama UNM, saat setelah menerima pengumuman pada Sabtu, (13/11).

“Perjuangan pada saat penyusunan paper juga rasanya terbayar yang pastinya tidak terlepas dari teamwork kami dan bimbingan yang luar biasa dari supervisor kami. Kami juga dapat rasa semangat pemantik yang lebih juga untuk bisa kembali mencetak prestasi,” ujarnya.

Terakhir, mahasiswi angkatan 2020 itu berharap agar dapat melanjutkan dan menyelesaikan studi tersebut sampai sistem itu benar-benar dapat diaplikasikan untuk pendidikan indonesia khususnya dalam program pendidikan karakter.

“Sehingga ini dapat menjadi salah satu kontribusi saya untuk negeri dalam mewujudkan generasi yang berkualitas kedepannya,” harapnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah