Mahasiswa Kimia FMIPA UNM melakukan pratikum di laboratorium sesuai dengan protokol. Foto-Khusnul.

PROFESI-UNM.COM – Penelitian dasar (basic research) memiliki kecenderungan kepada hal-hal yang bersifat teoritis, seperti menemukan konsep-konsep baru, membangun teori. Sementara itu penelitian terapan (applied research) berorientasi kepada kegiatan menghasilkan informasi yang digunakan untuk memecahkan permasalahan aktual dan praktis dalam kehidupan manusa (Connaway & Powell, 2010).

Penelitian dasar umumnya dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari kalangan akademis, walaupun tidak tertutup kemungkinan orang-orang di luar akademis. Produk yang dihasilkan adalah pengetahuan yang bersiat teoritis, konseptual, untuk suatu bidang ilmu tertentu. Teori-teori yang dihasilkan oleh seseorang terus-menerus dikembangkan melaui penelitian dasar sehingga teori yang ada lebih sempurna dan mendekati kebenaran.

Teori-teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan dalam bidang eksakta dan sosial adalah contoh dari penelitian-penelitian kualitatif. Temuan yang ada tidak bisa langsung dimanfaatkan untuk sesuatu di dalam hidup sebelum dilanjutkan kepada penelitian terapan.

Berbeda dengan penelitian dasar, penelitian terapan banyak dilakukan untuk memecahkan permasalahan praktis hidup manusa. Penelitian terapan biasanya merujuk kepada teori-teori yang dihasilkan oleh penelitian dasar. Peneliti mengembangkan produk-produk tertentu sehingga benar-benar bermanfaat untuk kehidupan manusia dalam rangka menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi.

Produk-produk yang ditemui sehari-hari di sekeliling kita merupakan contoh dari hasil penelitian terapan. Produk-produk yang ada dimanfaatkan sehingga manusia tidak lagi terlalu sulit melakukan sesuatu dalam hidupnya.

Seperti halnya komputer sebagai sebuah produk penelitian, sekarang orang sangat mudah mengetik, menghitung, dan mendesain sesuatu di dalam pekerjaannya. Bandingkan dengan ketika komputer belum ada, orang bekerja dengan mesin ketik yang tentunya menghambat manusia untuk bekerja lebih efisien dan efektif.

Dengan demikian hubungan antara penelitian dasar dengan penelitian terapan adalah bahwa penelitian dasar menyediakan teori yang menghasilkan konsep agar dapat digunakan untuk penelitian terapan, yakni memecahkan permasalahan kehidupan. Sebaliknya, penelitian terapan juga mempunyai manfaat untuk penelitian dasar yakni menyediakan data untuk mendukung. mengarahkan, dan merevisi teori yang dikembangkan sebelumnya di dalam penelitian dasar (Gay, Mills, Airasan, 2012).

Tulisan ini dikutip dari buku Metodologi Penelitian Bisnis karya Azuar Juliandi dkk. halaman 10-11. Diterbitkan oleh Umsu Press pada tahun 2014. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar/ Editor: Sumaya Nursyahidah