Mahasiswa KKP Psikologi UNM Adakan Terapi Keterampilan Sosial pada Pasien ODGJ Makassar

0
71
Kegiatan pemberian terapi keterampilan sosial oleh Kelompok 31 KKP FPsi UNM, (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kelompok 31 KKP (Kuliah Kerja Profesi) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Maskassar (UNM) mengadakan sebuah kegiatan pemberian terapi keterampilan sosial yang bertemakan “Mari bercerita”. Kegiatan tersebut berlangsung di Lantai 2 Gedung Rehabilitasi Sosial, Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, pada Senin (25/10)

Ketua Kelompok 31, Imam mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setelah melakukan pertimbangan melalui analisis kebutuhan pada pasien.

“Sangat penting bagi pasien agar dapat berbicara mengutarakan ekspresi dan bersosialisasi dengan sesama pasien dan masyarakat saat mereka dipulangkan ke rumah masing-masing,” katanya.

Keterampilan sosial dibutuhkan oleh pasien agar nantinya pasien memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan hidup dengan seperti biasa dalam lingkungannya.

Fadhilah selaku anggota kelompok juga mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah dalam menyalurkan pengetahuan dari mahasiswa FPsi dan sebagai persiapan pasien agar mampu ikut bersosialisasi di masyarakat.

“Karena dengan kegiatan ini, harapannya kami agar mereka (pasien) bisa membicarakan apa yang ingin mereka sampaikan, jadi tidak takut lagi kalau kemudian harus berbicara dengan masyarakat lain nantinya”, ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan terapi langsung kepada pasien melalui instruksi dan role play cara bersosialisasi. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar /Editor: Murni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini