Begini Penilaian Kaprodi Manajemen Terkait Pembelajaran Tatap Muka

0
185
Suasana proses perkuliahan (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Ketua Prodi Manajemen, Agung Widhi Kurniawan menjelaskan mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sedang berlangsung. Ia menerangkan diperkirakan 40% perkuliahan sudah dilaksanakan secara luring pada prodi Manajemen, terkhusus bagi mahasiswa dan dosen-dosen yang berada di wilayah Makassar.

Perkuliahan yang biasanya banyak melakukan diskusi kelompok, ia memandang kegiatan seperti itu akan lebih efektif jika dilakukan secara luring.

“Karena apa yah, mimik wajah, gerakan tangan, teman-teman dan dosen itu berarti banget daripada kita lihat cuma kotak-kotak di zoom itu,” katanya.

Anggapannya tatap muka itu penting, karena hal-hal teknis yang harusnya dilakukan secara luring seperti konsultasi akademik dapat dilakukan secara daring, terkhusus bagi mahasiswa KKN yang ada di daerah.

“Paling tidak 30% daring itu membantu yah, terutama untuk hal-hal khusus seperti efisensi waktu yah misalnya kalau di luar kota atau KKN yah, itu kan bisa berkonsultasi lewat daring, nggak harus nunggu ketemu langsung,” kata Agung.

Akan tetapi, Ia juga mengatakan, perkuliahan daring terkadang ada penghambatnya, misalnya bagi dosen yang kurang dalam mengoperasikan aplikasi-aplikasi.

Lanjut, Ia berencana untuk mengusung konsep seperti di Fakultas Teknik. Menyiapkan kamera untuk rekam kegiatan luring, sehingga yang melaksanakan secara daring juga ikut merasakan suasananya.

“Yang penting mata kuliah ini bisa berjalan sampai akhir semester. Sambil kita menunggu persiapan-persiapan dari fakultas. Karena penyiapan kelas beserta isinya itu kan dari fakultas, bukan dari prodi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia juga menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan mix, 60 persen tatap muka dan 40 persen secara daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Semoga semester depan semua bisa masuk secara luring, tetapi tetap memperhatikan kondisi yang ada, perlu penyesuaian dengan protokol kesehatan yang sifatnya relatif,” harapnya (*)

*Reporter: Mujahidah/Editor: Mustika Fitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini