Pahami Penjelasan Prinsip Ekonomi

0
128
Dasar-Dasar Ekonomi. (Foto: Int).
Dasar-Dasar Ekonomi. (Foto: Int).

PROFESI-UNM.COM – Telah kita ketahui bersama bahwa sumber alat pemuas yang tersedia di bumi ini terbatas jumlahnya, dan alat pemuas yang telah dipergunakan untuk memenuhi suatu kebutuhan tidak akan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Oleh karena itu, dalam melakukan kegiatan ekonomi baik yang berkaitan dengan usaha menghasilkan maupun menggunakan alat pemuas kebutuhan, manusia harus selalu bertindak ekonomis. Artinya setiap penggunaan sumber alam dan alat pemuas harus dapat menghasilkan kepuasan yang optimal bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Untuk dapat bertindak ekonomis manusia harus selalu mempertimbangkan perbandingan antara kurban dan hasil yang dicapai dari kegiatan ekonominya. Dalam hal ini harus dicapai perbandingan yang rasional antara kurban dan hasil. Dengan selalu mempertimbangkan perbandingan antara kurban dan hasil tersebut berarti manusia telah berpedoman pada prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonominya. Jadi pada dasarnya prinsip ekonomi merupakan pedoman bertindak bagi manusia dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan yang rasional antara kurban dan hasil.

Prinsip ekonomi mengandung pengertian sebagai berikut:

  1. Dengan kurban yang tertentu dapat dicapai hasil yang semaksimal mungkin.
  2. Atas hasil yang telah ditentukan diusahakan kurban yang sekecil-kecilnya.
    Jika manusia dapat menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonominya, niscaya manusia tersebut akan dapat mencapai efisiensi atau pengorbanannya, secara efektif dalam mencapai hasil. Dengan kata lain, tidak akan terjadi pengorbanan yang sia-sia, dan setiap pengorbanan akan dapat memberikan hasil sesuai dengan harapan.

Tulisan ini dikutip dari buku “Dasar-Dasar Ekonomi” Oleh Sugiharso halaman 34-35. Diterbitkan PT Rajagrafindo Persada, tahun 2019. (*)

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri/ Editor: Sumaya Nursyahidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini