Ilustrasi gaya berfoto selebgram. (Foto: Int).

PROFESI-UNM.COM – Banyak orang memasang foto profil di medsos dengan bermacam gaya dan bentuk. Sadarkah kita, bahwa dari hal tersebut kita bisa mengetahui karakter seseorang? Kita bisa mengetahui bagaimana sifat sang pemilik medsos hanya dengan melihat cara mereka berpose di depan kamera.

Coba kita lihat karakter pemilik akun medsos dari gaya fotonya berikut ini:

  1. Foto seksi
    Orang yang senang memasang foto seksi cenderung memilikl kecemasan terhadap hubungan cintanya. Mereka memiliki masalah dalam hubungan percintaan dan cenderung bersifat kekanak-kanakan. Foto seksi yang mengundang perhatian banyak orang menunjukkan orang tersebut tidak percaya diri. Akibatnya, ia berusaha menonjolkan diri untuk menutupi kekurangannya.
  2. Foto dengan bibir dimajukan
    Seseorang yang berfoto dengan membuat bibirnya tampak seperti orang yang cemberut, menunjukkan pribadi yang mendambakan keintiman maupun pasangan. Hal ini dilihat dari bibir yang digunakannya untuk menggambarkan sensualitas. Orang seperti ini cenderung menyukai sentuhan fisik seperti belaian, genggaman tangan, dan sejenisnya.
  3. Foto artis idola
    Mereka yang memajang foto artis idola merupakan orang yang suka berimajinasi dalam dunia fantasi. Akan tetapi, ia lebih sering memendam mimpi-mimpinya dan tergolong orang yang kurang percaya diri. la sedikit tertutup dan kehidupannya cenderung monoton. Mengunggah gambar orang lain menjadi salah satu cara untuk merefleksikan dirinya.
  4. Foto bertema kegelapan
    Orang-orang yang suka memasang foto kegelapan merupakan orang yang rumit, karena sedikit sulit memahami apa yang ia inginkan. Orang-orang ini sangat peduli dengan penampilan. Mereka tampak baik di luar, namun belum tentu baik-baik saja di dalamnya. Seperti halnya foto yang suram, kehidupan mereka pun cenderung misterius karena sering kali mereka merasa kesepian.
  5. Foto bersama binatang peliharaan
    Orang yang suka memasang foto bersama binatang peliharaan memiliki sifat melindungi dan menyayangi. Pada umumnya, mereka menyayangi keluarga. Mereka juga merupakan sosok yang ideal untuk membangun sebuah keluarga.
  6. Sering mengganti foto profil
    Orang yang suka mengganti foto profil adalah orang yang cenderung cepat mengambil keputusan, namun kadang kurang teliti dengan risikonya. Mereka sering tidak puas dengan apa yang dimiliki. Hal ini juga menunjukkan bahwa orang tersebut kurang percaya diri. Orang seperti ini mudah curiga dan sulit memercayai orang lain. Beberapa individu dengan tipe ini bahkan punya kepribadian ganda dan selalu tidak puas dengan keputusan yang diambilnya sendiri. Ciri ini menunjukkan seseorang yang mengalami krisis identitas dan ingin tahu pandangan orang lain terhadap dirinya (dengan cara mengganti foto profil setiap satu atau dua jam sekali).
  7. Foto dengan baju pesta
    Orang yang senang berfoto mengenakan baju pesta merupakan sosok yang senang melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak. Mereka memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan tipe orang yang terbuka, Rasa percaya dirinya tinggi dan selalu ingin diperhatikan orang di sekitarnya.
  8. Foto candid
    Foto candid biasanya jarang menunjukkan seseorang yang menatap ke arah kamera. Orang yang memasang foto ini merupakan sosok yang memiliki pendirian yang teguh, agak keras kepala, dan tegas. Walaupun begitu, la cukup percaya diri.
  9. Foto sedang beraktivitas
    Orang yang memasang foto tengah beraktivitas merupakan orang yang ingin menunjukkan aktivitas yang ia lakukan, dan mereka ingin dikenal lewat hal-hal tersebut. Mereka adalah tipe yang kurang sentimental, sehingga terkesan serius dan kurang peka dengan halhal yang berhubungan dengan perasaan.
  10. Foto sedang menari
    Orang yang memasang foto waktu menari menunjukkan bahwa dia ingin ‘mengundang’ orang untuk melihatnya. Seseorang yang menunjukkan dirinya sedang pose berdansa biasanya bersifat terbuka, bebas, pencarl kenikmatan hidup, dan cenderung bergaya hidup hedonis.
  11. Foto travelling
    Orang yang suka petualangan biasanya suka memasang foto travelling. Hal ini menunjukkan bahwa ia suka tantangan dan hal-hal baru. Seseorang yang gemar memasang foto travelling juga suka berbagi pengalaman kepada khalayak.

Tulisan ini dikutip dari buku “Satu Menit Baca Bahasa Tubuh Orang Lain” Oleh Byzka Wibisono halaman 195-199. Diterbitkan oleh Checklist, tahun 2018. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili /Editor: Murni