Kegiatan Maphan Literasi Bertajuk Talkshow Resmi Ditutup

Agendasiana, UKM1 Dilihat

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Peduli HIV/AIDS & NAPZA Universitas Negeri Makassar (Maphan UNM) mengadakan Talkshow sekaligus Closing Ceremony dari berbagai rangkaian MAPHAN LITERASI 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Dewan Pembina UKM Maphan UNM, Idham Irwansyah Idrus melalui Zoom Meeting, Minggu (7/11).

Adapun pembicara pada Talkshow bertajuk “Apa Kabar Riset HIV/AIDS?” tersebut yakni Sudirman Katu, Awaluddin, dan Andika yang membahas tentang Perkembangan Riset HIV/AIDS di Bidang Sosial dan Perkembangan Riset di Bidang Eksakta serta Sharing Session bersama ODHIV (Orang dengan HIV).

Pokja HIV/AIDS RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, Sudirman Katu menjelaskan tentang bagaimana seseorang dapat terinveksi HIV, yaitu melakukan kegiatan yang menyebabkan terjadinya pertukaran cairan tubuh yang mengandung virus HIV/AIDS kepada orang lain.

“Vaksin HIV sudah ada dari tahun 2011, masih menggunakan metode tradisional. Vaksin ini berarti mengurangi penularan, bukan untuk menghilangkan,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa hanya dengan tampilan klinis tidak bisa menunjukkan kalau seseorang terpapar HIV/AID, itulah sebabnya perlu melakukan pemeriksaan atau tes laboratorium.

Di sisi lain, Awaluddin mengungkapkan terkait pertanyaan yang sering muncul tentang penyembuhan penderita HIV/AIDS.

“Belum ada obat yang bisa menyembuhkan HIV/AIDS ini, tapi ada ARV (Anti Retro Viral) yang dapat menekan jumlah virus dalam darah dengan diminum secara teratur,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.