Mahasiswa KKN PPL SMKN 2 Pinrang, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan pelatihan pembuatan dodol dan selai dari berbahan dasar salak di SMKN 2 Pinrang, Kamis (4/11).

Pelatihan ini merupakan upaya menaikkan dan memperkenalkan buah khas Pinrang yang berlimpah.

Salah satu mahasiswa, Fajrul Falaakh Basri mengatakan sekarang ini budidaya buah salak semakin menurun akibat nilai jual mengalami penurunan. Menurutnya, hal ini dapat menjadi peluang untuk diolah menjadi dodol dan selai.

“Dilakukan sebuah terobosan dengan membuat sebuah produk selai dan dodol yang nantinya dapat dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas Pinrang,” katanya.

Fajrul mengatakan idenya itu berawal setelah observasi dan mendapatkan informasi mengenai Buah khas dari Pinrang.

“Ide ini untuk membuat dodol dan selai dari buah khas salak pinrang karena saat ini buah salak pinrang sudah lama dilupakan,” ucapnya.

Terakhir, Ia berharap siswa para peserta dapat mempraktikkan pelatihan ini dan bisa menjadi buah oleh-oleh khas Pinrang

“Semoga setelah pelatihan ini siswa siswi SMKN 2 Pinrang mampu mengimplementasikan setelah mengikuti pelatihan ini dan semoga buah salak pinrang menjadi ikon besar untuk kabupaten Pinrang sebagai oleh-oleh khas pinrang,” harapnya.

Adapun pelatihan ini diikuti sebanyak 40 peserta siswa SMKN 2 Pinrang. (*)

*Reporter: Muhammad Ainun Najib/Editor: Agatoni Buttang