Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Sejak 21 Oktober 2021 lalu, pencairan dana untuk 11.300 mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) periode Agustus dan September 2021 telah dicairkan sedikit demi sedikit. Artinya terdapat 1.600 mahasiswa Kampus Merdeka belum mendapatkan upah dari total 12.900 mahasiswa berpartisipasi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Paristiyanti Nurwardani Purba mengatakan 1.600 mahasiswa yang belum kunjung cair upahnya Agustus dan September 2021 karena mahasiswa belum melengkapi informasi untuk pencairan.

“Merupakan tanggung jawab kami agar para peserta mendapatkan uang sakunya. Agar pencairan berjalan lancar, kami betul-betul meminta tolong dan mengimbau kepada peserta MSIB yang belum menerima uang saku Agustus-September 2021 agar segera merespon dan memenuhi kelengkapan informasi yang diperlukan,” katanya.

Paristiyanti menambahkan bahwa mahasiswa 100 mahasiswi tidak memiliki rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) maupun Bank Syariah Indonesia (BSI), 1.350 mahasiswa menginput nomor rekening yang salah; dan 150 mahasiswi menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang salah.

“Dua pengumuman yang telah dilakukan pihaknya agar peserta melengkapi informasi yang diperlukan, yakni; pengumuman melalui surat elektronik (email) pada 28 September – 8 Oktober 2021, agar peserta merevisi NIK yang masih salah,” ujarnya. (*)

*Reporter: Elfira