Rektor UNM, Husain Syam bersama Bakhrani Rauf saat diwawancarai, Sabtu (30/10). (Foto: Ist.)
Rektor UNM, Husain Syam bersama Bakhrani Rauf saat diwawancarai, Sabtu (30/10). (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini digelar secara blended melalui Zoom Meeting, Sabtu (30/10).

Seminar yang bertema “Penguatan Riset, Inovasi, Kreativitas Peneliti dan Pengabdian di Era Pandemi Covid-19” ini dibuka langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam dan diikuti sekitar 352 peserta dari berbagai jenjang civitas akademika UNM.

Seminar hasil kali ini merupakan ajang merumuskan berbagai strategi, inovasi, dan penguatan riset di era Pademi Covid-19. Serta, menyusun kerangka solusi permasalahan terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat di era Pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Rektor UNM, Husain Syam mengatakan seluruh aktivitas pengabdian kepada masyarakat tidak hanya memberikan teori dan materi, namun lebih dari itu.

“Kita berharap bukan sekedar memberi laporan, tapi hasil penelitian ini bisa diimplementasikan dalam menjawab tantangan dan memberi solusi bagi kehidupan masyarakat, jangan jadikan situasi pandemi sebagai penghalang untuk mengabdi,” ujarnya.

Husain juga berharap dari seminar hasil ini bisa menjadi bagian dari diseminasi atau bagian dari mendapatkan koreksi LP2M UNM untuk hadir dari sebuah kesempurnaan dalam menyusun proposal akhir.

“Ini semata-mata agar semua peneliti dan pengabdi mengikuti proses ini secara baik dan seksama sehingga betul-betul mendapatkan pengetahuan baru dan gagasan kemudian menjadi penguatan dalam proses pengabdian,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UNM, Bakhrani A. Rauf mengatakan kegiatan seminar nasional seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan melalui seminar tiap tahunnya.

“Harapan ini tentu tidak muluk-muluk, setelah melihat antusiasme dari peserta. Pesertanya tidak hanya berasal dari internal UNM, tetapi juga dari perguruan tinggi di dalam dan luar Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi,” ungkap Bakhrani.

Apalagi saat ini, kata Ia berkat arahan dan dukungan Rektor sehingga UNM masuk urutan 3 terbanyak pendanaan penelitian dana BOPTN BLU dan masuk 10 besar dari semua PT penerima hibah pengabdian kepada masyarakat tahun 2021.

“Saat ini sudah hampir semua kabupaten di Sulsel dan sebagian di Sulbar sudah ditempati penerapan program pengabdian kepada masyarakat secara terpadu sehingga UNM menghasilkan desa dan sekolah binaan dari tiap kabupaten,” jelasnya.

Diketahui, ada beberapa topik dan pembicara dalam seminar nasional hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat diantaranya Materi Strategi Penelitian Berstandar Nasional dan Internasional yang dibawakan oleh Nurdin dari Universitas Halu Oleo, Harun Achmad dari Universitas Hasanuddin dengan Materi Strategi menghasilkan luaran penelitian dan Hasnawi Haris, Wakil Rektor Bidang Akademik UNM dengan Materi Penguatan Riset di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Adapun pembicara seminar nasional pengabdian yakni Wisnu Nurcahyo dari Universitas Gajah Mada dengan Materi Sinergitas Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Implementasinya dalam Kampus Merdeka. Ketut Widnyana, dari Universitas Mahasaraswati Bali dengan Materi Implementasi Kampus Merdeka Melalui Program Pembangunan Dan Pengembangan Desa Wisata.

Bakhrani A. Rauf, Universitas Negeri Makassar dengan Materi: Strategi dan Inovasi dalam Memberdayakan Masyarakat dimasa Pandemi covid-19. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang