Serah terima mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM tingkat SMA/SMK/SLB oleh UNM dan Pemprov Sulbar. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Praktek Pengalaman Lapangan (KKN PPL) Terpadu Tingkat SMA/SMK/SLB. Kegiatan ini digelar secara daring via Zoom, Rabu (27/10).

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM Hasnawi Haris, Sekretaris Daerah Sulbar Muhammad Idris DP, Kepala Dinas Pendidikan Sulbar Gufran Darma Dirawan, dan mahasiswa KKN hadir dalam serah terima tersebut.

Hasnawi Haris mengatakan mahasiswa KKN harus menjaga nama baik lembaga. Serta bertanggung jawab penuh menjalankan program kerjanya.

“Mahasiswa harus membangun sinergitas yang kuat dengan program-program untuk pemerintah setempat. Agar bisa membangun daerah tempat berKKN,” katanya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Daerah Muhammad Idris mengatakan mahasiswa KKN di Sulbar harus menyentuh kegiatan yang mengedukasi masyarakat salah satunya yaitu tentang meminimalisir perkawinan dini.

“Eksistensi mahasiswa KKN di lapangan lebih baiknya menitikkan rasa kebersamaan yang kuat dan kokoh dimasyarakat baik di sekolah maupun di tingkat desa atau kelurahan,” jelasnya.

Lebih lanjut Gufran Darma selaku Kadis Pendidikan Sulbar menyarankan program kerja yang akan dilakukan mahasiswa KKN dalam bidang teknologi. Serta perbaikan data-data yang dimiliki sekolah.

“Buatlah program kerja utam seperti pengembangan web sekolah dan perbaikan data sekolah,” jelasnya.

Sebelumnya pemberangkatan mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM telah dimulai pada 27 hingga 31 Oktober mendatang. Setelah sebelumnya sempat mengalami penundaan.

*Reporter: Fikri Rahmat Utama