Gedung Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNM (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) keluhkan minimnya fasilitas yang bisa diakses untuk pembelajaran online, khususnya untuk tugas-tugas praktik. Selasa (26/10).

Keluhan praktik kuliah online dirasakan oleh Irsan. Mahasiswa angkatan 2020 ini mengatakan alat-alat dalam pembuatan video praktik itu sulit dijangkau.

“Untuk video praktik sepak bola, takraw, dan bulutangkis itu masih agak mudah. Namun, untuk video fitness itukan susah karena kita tahu yang dari daerah itu belum ada tempat dan walaupun ada itu jauh dari desa-desa,” keluhnya.

Sejalan dengan Irsan, Wahyuni juga menilai alat-alat yang digunakan untuk video praktik sulit didapatkan dan memberatkan mahasiswa khususnya yang berada di daerah-daerah.

“Untuk praktik-praktik yang susah seperti senam dan fitness yang memerlukan alat-alat yang sulit didapatkan di daerah-daerah terpencil itukan memberatkan mahasiswa,” ucap mahasiswa angkatan 2020 ini.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2020 ini mengatakan dalam beberapa praktik, mahasiswa memerlukan bimbingan langsung dari dosen.

“Contohnya dalam praktik senam dan olahraga itu kan memerlukan bimbingan dari dosen. Kalaupun dalam pembelajaran online begini untuk pembuatan video praktik kan dari murid-murid yang membutuhkan bimbingan itu ragu melakukan hal tersebut,” tutupnya. (*)

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri/Editor: Agatoni Buttang