Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Platform Canva, (foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Tim dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan penyusunan bahan ajar dengan memanfaatkan platform Canva. Kegiatan ini menyasar mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT). Pelaksanaan kegiatan ini berpusat di Laboratorium Komputer, Menara Pinsi, Selasa (26/10).

Mewakili tim PKM, A. Ramli Rasyid mengatakan, fokus kegiatan ini adalah merubah mindset mahasiswa tentang pembuatan media pembelajaran yang rumit. Ia juga membocorkan banyak tips dan trik bagaimana hadil desain Canva kita bisa menarik dipenerapannya.

“Kebanyakan dari alumni UNM akan terjun sebagai pendidik, penting bagi mereka untuk menyiapkan bahan ajar interaktif yang menarik. Nah, Canva menyediakan semua itu. Tips dan trik yang mungkin diperhatikan adalah kesesuaian materi dengan template yang digunakan. Kemudian kreasikan dengan setiap elemen Canva. Setiap slide tak perlu penuh dengan teks, yang penting pokok materinya bisa tersampaikan,” katanya.

Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan UNM ini juga mengungkapkan, pemanfaatan media Canva sebagai bentuk penyesuaian tenaga pendidik kepada peserta didik. Generasi Z sekarang lebih cepat bosan apabila materi bahan ajar terlihat monoton dan padat dengan teks.

“Sebagai pendidik, yang paling utama bagaimana materi yang kita sampaikan itu bisa terserap betul kepada siswa atau murid. Jika prsentasi bahan ajar kita monoton, yah mereka cepat bosan. Hal ini juga perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan, Ade Kusuma pun terlihat sangat antusias dengan penyampaian materi yang diberikan. Menurutnya, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuknya menapaki dunia pendidikan kedepan.

“Sangat menarik menurut ku, apalagi saya memang dari dulu mau jadi guru. Mudah-mudahan bisa saya terapkan ketika dilapangan nanti,” bebernya.

Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis Canva ini dilaksanakan selama dua hari. Tak hanya materi, para peserta juga diberikan tugas membuat desain pembelajaran interaktif versinya masing-masing.

“Outputnya, mereka akan membuat presentasi sesuai mata kuliah yang mereka sukai. Ini menjadi tolak ukur keberhasilan kami selama mengadakan pelatihan. 5 desain yang paling baik, akan kami berikan akun Canva pro gratis selama 1 bulan,” jelas A. Ramli Rasyid.

Tim PKM ini beranggotan 3 dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin yakni A. Ramli Rasyid, Andi Muhammad Irfan, dan Ismail Aqsa. (*)

*Reporter: Murni