Dorong Wirausaha, Pemda Wajo Kolaborasi dengan UNM Kembangkan Potensi Daerah

0
58
Bupati Wajo Saat Memberikan Kuliah Umum (Foto: Resky Nurhalizah)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kuliah Kmum dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota Makassar dengan UNM dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo dengan UNM.

Acara dengan tema “Peran Pemuda dalam Enterpreneurship untuk Pengembangan Kota” ini diselenggarakan di Ballroom Teater Menara Pinisi, Selasa (26/10).

Bupati Wajo, Amran Mahmud menjadi pemateri dalam kuliah umum ini. Ia menjelaskan Pemerintah kabupaten Wajo ingin kolaborasi dengan Enterpreneur dan Riset dari Mahasiswa UNM dalam mengembangkan potensi daerah. Salah satu objek yang berpotensi adalah Danau Tempe yang berada di Kabupaten Wajo.

Ikan-ikan yang ada di danau tempe dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa UNM dalam menghasilkan produk yang ekonomis. Selain itu, masih banyak potensi yang ada Kabupaten Wajo seperti dalam bidang pangan, sutra, gas alam dan sebagainya.

“Danau tempe memiliki potensi besar yang harus kita kembalikan kejayaannya, dapat menjadi ikon pariwisata dunia. Jadi, kita butuh pemikir dari UNM untuk mewujudkan hal tersebut,” jelasnya.

Kata Amran Mahmud, langkah UNM menjadi kampus wirausaha sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Wajo dalam mencetak 10.000 enterpreneur. Membangkitkan dan menyiapkan sumber daya manusia yang komprehensif, punya talenta, dan semangat merupakan tanggungjawab bersama.

“Ruang-ruang berbisnis sudah banyak dan luar biasa sebenarnya, di sesi-sesi berikutnya jika adik mahasiswa berkunjung ke wajo. Saya siap adakan sharing terkait trik-trik berwirausaha dan menangkap peluang yang ada,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ia mengajak seluruh Mahasiswa UNM untuk mengenali peluang di daerah masing-masing. Ia berpesan agar idealisme yang ada dalam diri mahasiswa tetap ada dan terjaga.

“Adek-adek mahasiswa masih punya masa depan yang panjang, masih ada ruang untuk membangun link, akses dan sinergitas. Jadi, Adek-adek mahasiswa dimana pun daerahnya tinggal melirik peluang yang ada di daerah masing-masing untuk dikembangkan,” pesannya. (*)

*Reporter : Andi Nurul Izzah Ilham/Editor: Agatoni Buttang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini