Tim PHP2D HME FT melatih masyarakat Kabupaten Jeneponto membuat souvernir, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan pelatihan pembuatan souvenir kepada masyarakat Desa Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto, Senin (25/10).

Dalam pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Tino, Syamsuddin M serta Babinsa Desa Tino, tokoh masyarakat, pemuda karang taruna, dan para anggota tim PHP2D UNM.

Arham, ketua Tim PHP2D UNM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini khusus untuk lembaga kemahasiswaan yang sasarannya adalah desa. Pada kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan pelatihan terkait Bagaimana menghasilkan produk.

“Kami akan memberikan kegiatan di industri kreatif. Menghasilkan produk, seperti dompet, ikat pinggang, tempat HP, dan lain-lain,” ujarnya.

Selain itu, para pemuda Desa Tino juga akan dibekali cara pemasaran produk yang dihasilkan secara modern.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Sukardi Weda mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan PHP2D ini dinilai bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan pemuda desa untuk berwirausaha.

“Kegiatan ini adalah kegiatan dari Kemendikbudristek untuk lembaga kemahasiswaan. Saya mengapresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jeneponto, khususnya kepada Kepala Desa Tino Kec. Tarowang atas kerjasamanya,” katanya. (*)

*Reporter: Ema Humaera