E-Flayer Pekan Jurnalistik Estetika Pers FBS UNM (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Estetika Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Pekan Jurnalistik (Pekjur). Kegiatan ini akan digelar secara blended Senin hingga Minggu (1-7/11).

Kegiatan yang mengusung tema “Jurnalisme Pembaharuan” ini berfokus pada tiga item acara, yaitu Workshop, Pameran, dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN).

Pekjur ini akan menghadirkan berbagai pemateri untuk membahas lebih detail mengenai podcast dan jurnalisme investigasi. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan menghelat pameran dan lomba fotografi dengan tema “Dua Sisi Pandemi” yang terbuka untuk umum.

Naufal Fajrin JN, Pemimpin Umum mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun relasi antar LPM, dengan kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana pers berperan dalam lingkup masyarakat.

“Diharapkan mampu menjadi sarana terhadap upaya aktualisasi UU nomor 40 Tahun 1999 pasal 6 tentang bagaimana pers seharusnya berperan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Naufal mengatakan bahwa tahun ini akan digelar PJTLN yang akan ditujukan untuk LPM se-Indonesia.

Tahun ini, LPM Estetika Pers juga akan menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) November mendatang. LPM se-Indonesia menjadi sasaran utama pelatihan ini.

“Konsepnya sama, yang berbeda itu tahun lalu diklat jurnalistik abu-abu yang ditujukan ke siswa SMA/sederajat, sedangkan kali ini sasarannya LPM se-Indonesia,” katanya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman/Editor: Agatoni Buttang