Sambutan dan Seminar Program Kerja KKN Reguler Desa Pangiang, Kamis (21/10), (foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler angkatan XLV Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Program Kerja (Proker). Kegiatan ini berlangsung di Desa Pangiang, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Mamuju Utara, Kamis (21/10).

Program Kerja (Proker) yang dipaparkan rencananya akan mahasiswa jalankan selama dua bulan. Seminar ini dihadiri oleh Kepala Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pangiang, Kepala Sekolah, Ketua Karang Taruna, dan masyarakat setempat.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Reguler, Ade Rahmatullah Idrus menjelaskan, pemaparan proker dilaksanakan setelah melakukan observasi di Desa Pangiang. Program kerja tersebut diharapkan dapat bermanfaaat bagi masyarakat.

“Setelah melakukan observasi, kami merumuskan beberapa program kerja dan tentunya seizin pihak di Desa Pangiang,” jelas Koordinator Desa Pangiang.

Mahasiswa jurusan Manajemen ini menambahkan bahwa mahasiswa KKN UNM rencananya akan melakukan seminar, sosialisasi, keagamaan, pendidikan, dan olahraga.

“Adapun bentuk program kerjanya itu kami akan mengadakan pengembangan desa, keagamaan, pendidikan, dan olahraga,” tutur mahasiswa asal Pinrang ini.

Mahasiswa angkatan 2018 berharap masyarakat Desa Pangiang dapat memberikan dukungan serta arahan kepada mahasiswa KKN selama menjalankan Proker tersebut. Serta semua elemen pelaksanaan proker dapat mengambil peran baik dari pemerintah kelurahan ataupun masyarakat.

“Semoga adanya kita sebagai mahasiswa KKN tidak menjadi beban bagi masyarakat serta kami berharap peran serta semua elemen masyarakat dalam menyukseskan program kerja kami nanti,” harapnya.

Kepala Desa Pangiang, Rizal mengatakan, dengan adanya mahasiswa KKN UNM, dapat memberi hal positif kepada masyarakat. Serta Ia berpesan jangan hanya menggugurkan kewajiban, berbuat untuk desa dan negara.

“Saya berharap seluruh program kerja yang kita laksanakan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Desa Pangiang ini, dan jangan lupa pula untuk menjalin silaturahmi dan bersosialisasi dengan warga,” harapnya.

Adapun beberapa program kerja yang akan dilaksanakan yaitu pengembangan desa, keagamaan, pendidikan, dan olahraga. (*)

*Reporter: Murni