Rektor UNM, Husain Syam saat sambutan pada Pelatihan dan Pemantapan Teknis Tim Pimnas UNM, Senin (18/10) (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam berjanji akan berikan pembebasan uang kuliah bagi tim Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang menyumbang medali. Hal itu, Ia sampaikan pada Pelatihan dan Pemantapan Teknis Tim Pimnas UNM yang digelar di Hotel Claro, Senin (18/9).

Husain Syam merasa cukup puas dengan prestasi yang diraih tim UNM belakangan ini. Menurutnya, selama beberapa tahun terkhir UNM terus masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbanyak meloloskan tim, sehingga ajang pimnas merupakan ajang bergengsi yang meguji dan menggambarkan kualitas mahasiswa.

“Selama pelaksanaan pimnas, UNM selalu masuk 10 besar paling banyak meloloskan tim. Kita adalah salah satu universitas terbaik, saya percaya anda bisa,” ungkap Rektor UNM dua periode itu.

Husain menyebut pembebasan uang kuliah merupakan wujud apresiasi dan motivasi UNM karena bekerja mengharumkan nama baik kampus. Ia mengatakan jumlah pembebasan uang kuliah sama seperti tahun sebelumnya.

“Penyumbang emas kategori presentasi akan dibebaskan pembayaran UKT 4 semester, Perak 3 semester, perunggu 2 semester,” jelasnya.

Tak hanya itu, Rektor UNM juga menjanjikan bagi dosen pembimbing yang meraih medali emas akan diumrahkan.

“Ini dari saya pribadi, kalau Bapak/Ibu berhasil membawa bimbingannya juara saya akan kasih hadiah umrah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Bakhrani Rauf melaporkan sebanyak 11 tim yang lolos pada Pimnas ke-34. PKM Riset Humaniora 5 tim, PKM Pengabdian kepada Masyarakat 3 tim PKM Karsa Cipta 1 tim, dan PKM Penerapan IPTEK 2 tim.

“11 tim yang terdiri dari 43 mahasiswa dan 9 dosen pendamping,” jelasnya.

Diketahui, Pimnas ke-34 akan digelar secara daring pada Selasa hingga Sabtu (26-23/10) mendatang. Pada Pimnas tahun ini, Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang