buku Konsep dan Perspektif Etika dan Hukum Kesehatan Masyarakat, (Foto-Int).

PROFESI-UNM.COM – Etika adalah usaha manusia dalam memakai akal budi dan daya pikirnya untuk memecahkan masalah hidup atau untuk suatu upaya agar menjadi baik.

Etika (Ethics) adalah istilah yang muncul dari Aristoteles, berasal dari kata Yunani ethos yang berarti adat, budi pekerti. Dalam filsafat, pengertian etika adalah telaah dan penilaian kelakuan manusia ditinjau dari kesusilaannya. Kesusilaan yang baik merupakan ukuran kesusilaan yang disusun bagi diri seseorang atau merupakan kumpulan keharusan, kumpulan kewajiban yang dibutuhkan oleh masyarakat tertentu dari anggota-anggotanya.

Etika sebagai ilmu menurut Socrates meliputi asas dan prinsip yang mengandung validitas yang sifatnya universal. Ini berarti bahwa apa yang baik menurut seseorang adalah baik untuk semua orang dan apa yang merupakan kewajiban bagi seseorang juga merupakan kewajiban setiap orang.

Berkaitan dengan istilah etika ini dalam kamus besar tersebut juga terdapat istilah etiket, Etiket adalah tata cara dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan antar sesama manusia. Etiket merupakan suatu norma terutama mengatur aspek kehidupan antar pribadi. Dengan tujuan etiket adalah demi kesempurnaan hubungan antar pribadi. Dasar keberlakuan etiket dalam masyarakat adalah kepantasan, kebiasaan, kepatutan yang berlaku dalam pergaulan.

Terdapat beberapa perbedaan antara etika dan etiket yakni:

a. Etika

1.Tidak terbatas pada perbuatan tetapi juga menilai perbuatan sendiri.
2.Tidak bergantung pada hadir atau tidaknya orang yang melakukan perbuatan.
3.Bersifat absolut diterima secara universal.
4.Memandang manusia dari batin.

b.Etiket

1.Menyangkut suatu perbuatan yang harus dilakukan.
2.Hanya berlaku dalam pergaulan yang mengharuskan kehadiran orang yang melakukan perbuatan.
3.Bersifat relatif, suatu perbuatan sopan pada suatu kebudayaan tetapi tidak sopan dalam kebudayaan lain.
4.Memandang manusia dari segi lahir.

Tulisan ini dikutip dari buku Konsep dan Perspektif Etika dan Hukum Kesehatan Masyarakat, karya Prof. Dr. H. Indar, SH, MPH halaman 5-11. Diterbitkan oleh Pustaka Pelajar, Cetakan VI pada tahun 2020.(*)

*Reporter: Mujahidah/Editor: Annisa Puteri Iriani