Ilustrasi Unit Production Manager. (Foto: Int).
Ilustrasi Unit Production Manager. (Foto: Int).

PROFESI-UNM.COM-Unit Production Manager biasanya disewa oleh Produser acara film atau televisi, dan bertanggung jawab untuk mengelola produksi dan mengatur biaya pengiriman film serta kisaran budget pembuatan program acara atau produksi siaran.

Unit Production Manager akan membuat anggaran kerja selama (pra-produksi, atau sebelum pelaksanaan shooting), sehingga budget untuk pembuatan acara atau program dapat diketahui dengan jelas dan tepat sasaran. Biasanya, Produser akan mengawasi semua keputusan yang berkaitan dengan biaya, termasuk pengeluaran saat shooting berlangsung.

Unit Production Manager bertanggung jawab atas perencanaan yang lebih rinci dan pelaksanaan diluar anggaran produksi (terutama untuk produksi fisik). Donator program acara akan memilih kepala departemen penting atau personil pendukung yang berhubungan dengan pekerjaan Unit Production Manager, termasuk producer casting, sinemato grafer, desainer kostum, set design dan editor film.

Selain itu, UPM sering melakukan negosiasi transaksi untuk lokasi, peralatan, dll, serta mempekerjakan kru yang tersisa di luar tim produksi. Biasanya kru tersebut merupakan rekomendasi dari pihak atasan atau berdasarkan pengalaman sebelumnya dengan orang terpercaya.

UPM tidak memiliki tanggung jawab langsung dengan tim kreatif dari narasi film, dan tim artistik pada tingkat produksi harian. Sebelum produksi pokok dimulai baik, Producer dan Unit Production Manager bekerja untuk mengamankan sebanyak mungkin elemen produksi, termasuk jadwal yang dikerjakan dan anggaran yang dikeluarkan.

Biasa nya hal tersebut berlangsung di kantor produksi selama pra-produksi, mereka dapat membagi waktu antara kantor dan proses produksi ketika film proses produksi film berlangsung. Trailer film dapat dikerjakan di kantor bersamaan dengan proses syuting secara bergantian.

Tulisan ini dikutip dari Buku Berkarier di Dunia Broadcast Televisi dan Radio, karya Indah Rahmawati & Dodoy Rusnandi pada halaman 51-52 terbitan Laskar Aksara pada tahun 2011. (*)

*Reporter: Resky Nurhalizah/ Editor: Sumaya Nursyahidah