Ilustrasi aplikasi TikTok yang bisa menghasilkan uang bagi mahasiswa atau pelajar. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Teknologi yang gencar digunakan di tengah pandemi saat ini tak hanya digunakan menunjang mobilitas tapi juga dapat menjadi sumber penghasilan. Khususnya untuk mahasiswa dan pelajar yang ingin memiliki penghasilan sendiri ataupun sebagai tambahan uang jajan yang dimiliki.

Aplikasi yang bisa menghasilkan uang pun beragam, sehingga bisa dipilih sesuai kemauan ataupun kebutuhan. Aplikasi tersebut sudah banyak beredar di pasaran dan dapat diunduh di Play Store atau App Store. Agar bisa mendapatkan uang pengguna perlu melakukan beberapa aktivitas mulai dari aktivitas menyehatkan maupun meningkatkan kreativitas. Sehingga sangat cocok digunakan oleh mahasiswa dan pelajar.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Beserta ulasan lengkap mengenai aplikasi tersebut.

  1. TikTok

Aplikasi ini merupakan aplikasi paling populer di masyarakat terutama mahasiswa dan pelajar dibanding aplikasi lain. Selain sebagai saran hiburan TikTok juga bisa menghasilkan uang bagi penggunannya. Menurut Forbes, untuk menghasilkan uang di Tik Tok perlu proses yang serius seperti membangun brand dan mengunggah konten yang diinginkan serta mendapatkan followers yang banyak. Selain itu, pengguna Tik Tok harus paham target pasar agar bisa mengunggah konten berkualitas di akunnya beberapa kali.

  1. SurveyOn dan Nusaresearch

Kedua aplikasi ini cocok bagi mahasiswa yang sering mengikuti bermacam-macam survei di kampus. SurveyOn akan memberikan beragam survei yang harus diisi. Nantinya setelah menyelesaikan sebuah survei, maka uang akan diperoleh dan ditransfer melalui akun PayPal, Bank ataupun pencarian lain sesuai keinginan pengisi survei yang terdaftar tersebut.

Begitupun dengan Nusaresearch, yang juga bisa memberi kamu uang hanya dengan mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya. Koin tersebut diperoleh dengan menjawab berbagai survei yang tersedia di Nusaresearch.

  1. WhatsAround

Aplikasi penghasil uang yang pertama yaitu WhatsAround. Aplikasi ini sesuai buat pelajar ataupun mahasiswa yang mempunyai hobi fotografi serta jalan-jalan. Nantinya, pengguna yang ingin mendapatkan uang harus mengirimkan foto aktivitasnya. Foto tersebut akan dinilai, bila foto tersebut diterima maka pengguna akan mendapatkan hadiah. Hadiah tersebut, dapat digunakan membeli sesuatu di beberapa toko online serta offline semacam Amazon, App Store, serta Play Store.

  1. Baca Plus

Bagi yang suka membaca, Baca Plus menjadi pilihan yang cukup bagus agar membaca juga bisa menghasilkan uang. Apalagi bagi mahasiswa dan pelajar yang dikenal sebagai orang yang sangat suka membaca. Aplikasi ini menawarkan hadiah berupa koin yang didapatkan setelah membaca suatu artikel yang disediakan. Poin atau koin ini bisa dikumpukan dan nantinya dapat ditukarkan dengan pulsa ataupun uang.

  1. CashPop

Ada beberapa cara mendapatkan uang atau hadiah di Aplikasi CashPop. Contohnya seperti kamu harus mengumpulkan poin dengan melakukan beberapa aktivitas seperti chatting, browsing, mendengarkan musik, main game, sosial media hingga menonton video. Nantinya, poin atau hadiah bisa ditukarkan dengan pulsa, kuota data, e-wallet, voucher, layanan streaming, sembako hingga tiket nonton. Hingga saat ini Aplikasi Cashpop sudah diunduh 5 juta kali sejak dirilis 2018 lalu.

  1. Cash Step

Aplikasi Cash Step adalah pedometer gratis yang membantu pengguna memantau aktivitas dan kemajuan fisik. Aplikasi ini cocok untuk yang suka jalan-jalan atau bepergian dengan jalan kaki. Cara kerjanya adalah aplikasi akan menghitung dan merekam langkah tiap harinya kemudian hasil hitungan akan diubah menjadi koin dan ditukar dengan uang. Contohnya seperti 10 langkah sama dengan 10 koin bernilai Rp 1. Untuk mendapatkan uang tunai Rp. 10 ribu maka harus mengumpulkan 100 ribu koin. Penukaran tersebut bisa dalam uang tunai atau tagihan telepon.

Itulah tadi aplikasi-aplikasi yang bisa dicoba mahasiswa atau pelajar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Walau terlihat mudah namun perlu ketekunan untuk bisa mendapatkan uang dari aplikasi di atas. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama