Tangkapan layar Indriani Rahmawati saat membawakan materi di webinar UKM Seni UNM. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Koordinator Aplikasi, Konten, dan Games Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Indriani Rahmawati menjadi pemateri pada kegiatan Webinar yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (16/10).

Dalam kegiatan ini Indriani koordinator Kemkominfo membahas mengenai peran Kominfo dalam transformasi digital. Ia menjelaskan mengenai peta transformasi digital di Indonesia dan tiga pilar pendukungnya.

“kita sudah memiliki peta jalan transformasi digital, Indonesia Digital Nation yang bermartabat, berkeadilan dan berdaya saing, melaui 3 pilar yaitu pemerintahan digital, masyarakat digital dan ekonomi digital” katanya.

Indriani pun menjelaskan lebih detail mengenai persiapan regulasi dan kebijakan serta pengendalian transformasi digital.

“Regulasinya seperti UU Cipta Kerja, lalu ada juga UU ITE, ada PP PSTE ada Perpres SPBE dan masih banyak lagi, disisi pengendalian kita juga mengendalikan melalui mesin crowling ais yang mengendalikan konten-konten negatif di internet lalu ada juga bagian penyidikan dan penindakan,” jelasnya.

Terakhir, Ia berharap agar masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi pengguna namun bisa menjadi produsen juga.

“Pada ekonomi digital kita menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki talenta digital karena kita berharap Indonesia itu tidak hanya jadi konsumen tapi bisa juga jadi produsen, selain itu kita juga menyiapkan teknologi penunjang serta riset dan inofasi,” harapnya. (*)

*Reporter: Nur Lutfiah/Editor: Kristiani Tandi Rani