Peserta Tes Toefl (foto- Ist).

PROFESI-UNM.COM – Saat kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau kuliah di luar negeri, sertifikat nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang diakui secara internasional akan diminta untuk dilampirkan. Salah satu jenis tes tersebut adalah Test of English as a Foreign Language atau yang biasa disingkat sebagai TOEFL.

Sertifikat ini diperlukan untuk memastikan bahwa kemampuan berbahasa Inggris sudah cukup baik untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Berbicara tentang TOEFL, tes ini memiliki ‘kadar’ tantangan bagi yang mengerjakannya. Terkadang tes tersebut bisa sedemikian sulit untuk diselesaikan karena kurangnya persiapan yang dilakukan.

Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan untuk menghadapi tesnya, berikut beberapa tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL:

1.Mendalami Bahasa Inggris Cobalah untuk mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam. Contohnya seperti menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan lagu ataupun video percakapan berbahasa Inggris, membaca buku teks, dan masih banyak lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kamu akan membaca dan mendengarkan.

2.Perbanyak Kosakata Tingkatkan perbendaharaan kosakata (vocabulary) kamu. Kamu bisa mencobanya dengan memperbanyak membaca buku, menonton video, maupun mencoba berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara berpasangan. Karena tips mengerjakan TOEFL dibagi menjadi 3 bagian; Listening Comprehension, Structure & Written Expression.

3.Anda dituntut memiliki skor TOEFL di atas 500. Karena itu, sebelum mengikuti tes TOEFL, Anda mesti menguasai Tip dan Strategi Tes TOEFL agar menghasilkan skor tinggi sesuai harapan. TOEFL biasa digunakan sebagai salah satu prasyarat untuk studi ke luar negeri, terutama ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pengajaran di Universitas.

4.TOEFL juga menjadi persyaratan untuk melanjutkan sudi S-2 dan S-3 di Indonesia. Bahkan, di beberapa universitas ternama di Indonesia telah mengharuskan mahasiswanya memiliki skor TOEFL tertentu sebagai salah satu syarat kelulusannya.

5.TOEFL juga mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme perekrutan atau jenjang kenaikan karier, seperti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), perusahaan BUMN, dan perusahaan multinasional. (*)

*Reporter: Elfira