Webinar Nasional UKM Seni, Sabtu (16/10). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar (WR III UNM) Sukardi Weda jadi pembicara utama di Webinar Nasional UKM Seni UNM. Dalam webinar tersebut Sukardi membahas eksistensi pekerja seni di tengah masa pandemi Covid-19, Sabtu (16/10).

Dalam paparannya, Sukardi Weda mengatakan pandemi Covid-19 yang datang tiba-tiba memaksa masyarakat beralih dari kegiatan manual menjadi kegiatan virtual atau daring. Hal ini membuat banyak perangkat teknologi yang muncul untuk mendukung aktivitas virtual tersebut.

“Covid-19 yang mewabah mrmberikan dampak besar terhadap keberlangsungan kehidupan dan membuat ekonomi porak-poranda dan banyak perusahaan tutup dan melakukan PHK ke karyawannya,” katanya.

Keadaan ini pun menurutnya berdampak juga ke para pekerja seni. Sehingga pekerja seni harus bisa memanfaatkan teknologi agar eksistensinya bisa bertahan dengan baik.

” Saya berharap supaya para pekerja seni tetap eksis dan menggeliat di masa pandemi ini dengan memanfaatkan teknologi digital,” jelasnya di webinar yang berlangsung online via zoom dan luring di ICT, lantai 3 Menara Pinisi UNM.

Lebih lanjut Ia berharap pekerja seni bisa lebih lanjut mempelajari tentang teknologi digital. Memiliki literasi digital sangat diperlukan agar mampu bertahan dan bersaing antar sesama pekerja seni ataupun dengan pekerjaan lainnya.

“Setiap pekerja seni harus melek teknologi digital sehingga dapat bersaing di era digital saat ini,” harapnya.

Sebelumnya UKM Seni UNM menggelar Webinar Nasional bertajuk “Membangun Kreativitas Pekerja Seni melalui Digitalisasi di Tengah Pandemi Covid-19”. Adapun narasumber webinar yaitu WR III UNM Sukardi Weda, Koordinator Literasi Digital Kemkominfo Rizki Amaliah, dan Content Creator Martin Anugrah.

*Reporter: Fikri Rahmat Utama