Research Design olehJohn W. Cresswell, (Foto: Anita Nur Fadhilah Halid).

PROFESI-UNM.COM – Tinjauan pustaka berarti menempatkan dan menyimpulkan kajian-kajian tentang suatu topik tertentu. Kajian-kajian tersebut sering kali berupa studi-studi penelitian (karena Anda memang tengah menggarap suatu penelitian), tetapi kajian-kajian ini bisa juga meliputi artikel atau pemikiran-pemikiran yang memberikan kerangka kerja dalam menjelaskan suatu topik. Ada banyak cara dalam menggarap tinjauan pustaka, tetapi sebagian besar sarjana melakukannya dengan cara yang sistematis untuk menangkap, mengevaluasi, dan menyimpulkan pustaka/literatur yang ada. Di bawah ini adalah beberapa cara yang saya rekomendasikan untuk Anda:

  1. Mulailah dengan mengidentifikasi beberapa kata kunci (keywords) penelitian. Langkah ini utamanya penting ketika Anda ingin mencari berbagai materi, referensi, dan bahan pustaka di perpustakaan universitas. Kata kunci ini bisa saja Anda peroleh ketika Anda tengah mengidentifikasi topik penelitian atau bisa jadi berasal dari hasil pembacaan beberapa buku.
  2. Setelah kata kunci diperoleh, selanjutnya kunjungi perpustakaan dan mulailah mencari kataloe untuk materi referensi (seperti, jurnal dan buku). Namun demikian, kebanyakan perpustakaan saat ini sudah memiliki database terkomputerisasi, dan saya menyarankan Anda fokus terlebih dahulu pada jurnal dan buku yang relevan dengan topik penelitian Anda. Selain itu, cobalah untuk mencari database terkomputerisasi yang telah direviu dan direkomendasikan oleh para peneliti ilmu sosial, seperti ERIC, PsycINFO, Sociofile, Social Science Citation Index, Google Schoolar, ProOuest, dan sebagainya. (Database ini akan dibahas secara detail di bagian lain.) Pertama-tama, cobalah menemukan sedikitnya 50 laporan penelitian, seperti artikel atau buku, yang berhubungan dengan topik penelitian Anda. Prioritaskan pencarian pada artikel jurnal dari buku karena sumber seperti ini sangat mudah diperoleh. Pastikan apakah artikel dan buku tersebut tersedia di perpustakaan akademis Anda, atau apakah Anda perlu meminta bantuan dari pustakawan untuk mengirimkannya, atau apakah Anda harus membelinya di toko buku. Bacalah sepintas sekumpulan artikel atau bab dalam buku, lalu salinlah/gandakanlah bab atau artikel yang memang relevan dengan topik Anda. Dalam proses ini, pastikan apakah artikel atau bab tersebut akan cukup memberi kontribusi yang memadai untuk tinjauan pustaka Anda.

Ketika Anda mengidentifikasi beberapa literatur, mulailah merancang peta literatur (yang akan dibahas lebih detail pada subbab khusus). Peta literatur (literature map) merupakan sejenis gambar visual yang menampilkan pengelompokan literatur berdasarkan topik penelitian. Peta inilah yang nantinya akan menggambarkan bagaimana penelitian Anda memberikan kontribusi pada literatur | yangada.

Setelah membuat peta literatur, buatlah ringkasan dari beberapa ar tikel yang paling relevan. Ringkasan inilah yang nantinya akan dir masukkan ke dalam tinjauan pustaka Anda. Masukkanlah referensi

relevan dalam tinjauan pustaka dengan menggunakan petunjuk penulisan yang sesuai, seperti petunjuk America Psychal gical Asson ciationYAPA) (APA, 2001) agar Anda memilik: referensi yang lengkap untuk digunakan di akhir proposal penelinan,

Setelah membuat ringkasan dari beberapa literatur yang Anda per oleh, kini saatnya membuat tinjauan pustaka, dengan menyusunnya secara tematis atau berdasarkan konsep penting. Di akhir tinjauan , pustaka, utarakan pandangan umum Anda tentang tema keseluruhan yang Anda peroleh dari literatur yang ada, lalu jelaskan mengapa penelitian Anda benar-benar memiliki kebaruan tersendiri dibandingkan literatur yang sudah ada. Anda juga dapat mengemukakan kritik tentang pustaka yang sudah ada dan menunjukkan kekurangan serta masalah-masalah dalam metode yang digunakannya (lihat Boote & Beile, 2005).

Tulisan ini dikutip dari buku Creswell J. W. (2016). Research Design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid