Pelaksanaan KKN tematik UNM - (Foto.Ist).
Pelaksanaan KKN tematik UNM - (Foto.Ist).

PROFESI-UNM.COM – Melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi memiliki tantangannya sendiri termasuk dalam persoalan perancangan Program Kerja (Proker).

Keterbatasan kondisi akibat Pandemi Virus Corona menuntut mahasiswa lebih kreatif dan inovatif untuk terus beajar dan beradaptasi dengan kondisi saat ini. Tak terkecuali mahasiswa UNM yang mulai melakukan KKN sejak Rabu (13/10).

Agar tidak sekedar membersihkan atau mengecat bangunan saja, berikut beberapa rekomendasi Proker KKN yang bisa kamu terapkan di proker KKN:

  1. Program Pencegahan virus corona (Covid-19)Di mana telah kita ketahui saat ini sedang mewabah virus corona yang bisa menyerang siapa saja dan bisa ada di mana saja dan kapan saja karena penyebarannya begitu mudah dapat melalui udara dan benda-benda yang ada di tempat umum. Program kerja yang dapat dilakukan salah satunya adalah sosialisasi virus corona atau pengenalan dasar tentang keberadaan virus. Selain itu, kamu juga dapat memberikan arahan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Sosialisasi cuci tangan ini dilakukan guna membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona karena selain memakai masker, menghindari tempat ramai, dan menjaga jarak. Tak dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang buta dengan keberadaan dan bersikap tak acuh terhadap virus ini. Informasi yang tak karuan maupun minimnya akses informasi membuat warga hanya sedikit sekali memahami informasi terkait corona ini.

Kegiatan ini bisa kamu lakukan baik secara langsungataupun secara online. Para mahasiswa yang melakukan KKN bisa memanfaatkan media sosial sebagai media informasi seperti Instagram atau Facebook untuk mengunggah video singkat, lalu membagikannya kepada masyarakat. Selain itu, penyuluhan secara online pun dapat dilakukan dengan menggunakan media Zoom atau Google Meet sebagai media alternatif.

  1. Bimbingan Belajar Daring
    Tak hanya perguruan tinggi saja yang mengalami dampak pandemi ini, para pelajar jenjang pendidikan dasar ataupun pemdidikan menengah pun ikut merasakan dan belajar yang awalnya dari sekolah menjadi di rumah. Hal ini tidak serta-merta menuntut pelajar belajar dari rumah. Faktanya, banyak siswa yang tidak bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru secara daring. Apalagi, jika ada materi yang harus dipelajari dan dipahami sendiri, juga tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan memberikan bimbingan belajar secara offline dengan kapasitas terbatas. Walaupun dengan lingkup kapasitas yang kecil akibat dari pembatasan sosial, Kegiatan belajar mengajar ini juga tetap dapat dilakukan secara sedikit demi sedikit. Mahasiswa KKN berperan membantu siswa memberikan penjelasan pada materi-materi pelajaran sekolah, tugas, atau bimbingan persiapan ujian.

  1. Menciptakan Ekonomi Kreatif Digital Dan Kewirausahaan
    Masa pandemic tentunya membawa situasi yang berat bagi banyak orang karena beberapa diantara mereka mengalami permasalahan ekonomi yang serius. Masa seperti ini, ekonomi kreatif berbasis digital sangat diperlukan dan berpengaruh besar terhadap masyarakat yang dapat berguna untuk menghidupkan kembali perekonomian mereka yang sempat mati akibat pandemi ini. Bentuk ekonomi kreatif berbasis digital bisa diterapkan dengan salah satu contoh seperti:
    a. Kuliner
    Industri makanan juga tergolong dalam ekonomi kreatif. Perkembangan industri ini cukup menarik di era digital dan global sekarang. Jadi tidak heran jika sekarang banyak makanan kreatif yang memadukan inspirasi masakan banyak negara. Jika makanan baru itu rasanya enak, pasti makanan tersebut bisa jadi sumber keuntungan sebagai usaha.

Penguatan dan pendampingan dalam inovasi produk, peningkatan mutu dan pemasaran serta manajemen usaha berbasis IT seperti mempromosikan produk pedagang yang mempunyai usaha kecil pada media sosial seperti Instagram, facebook, tiktok, WhatsApp, ataupun media sosial lainnya.

b. Kerajinan tangan
Kerajinan merupakan industri tradisional yang sekarang mulai populer kembali berkat media online. Sekarang pemasaran kerajinan bisa lebih mudah menggunakan platform toko online. Anda bahkan bisa buka peluang eksport kerajinan lebih mudah karena sarana online ini.

c. Desain Grafis
Berbeda dengan fotografi, desain grafis lebih berhubungan dengan membuat sesuatu dari nol untuk gambar. Tentu desain grafis tidak semata gambar saja. Hal seperti model 3D juga masuk pada aspek industri ini. Untuk keperluan produksi banyak produk, kebutuhan desain tentu sangat penting. Pada masa sekarang ini, profesi desain grafis sangat dibutuhkan di berbagai bidang.

Itulah beberapa rekomendasi program kerja yang dapat kamu lakukan di lokasi KKN kamu. Kamu melakukan Program kerja yang berhubungan dengan pengembangan Ekonomi dan Pendidikan di situasi pandemi saat ini ya! Karena dua sektor tersebut sangat mengalami dampak yang serius akibat Covid-19 ini. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang