Ilustrasi fotografi. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Ada beberapa istilah yang bakal Anda dengar pada saat membeli kamera. Mungkin ada istilah yang kedengarannya asing, beberapa terdengar familiar. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pixel

Pixel adalah satuan yang membentuk sebuah objek. Dalam kamera digital yang menggunakan sistem ini, pixel merupakan hal yang sangat penting dalam menghasilkan gambar yang bagus. Coba Anda buka photoshop, masukkan sebuah foto, zoom sampai batas maksimal. Di sana Anda akan melihat lingkaran-lingkaran yang berimpitan di dalam objek. Lingkaran-lingkaran yang membentuk objek ini disebut pixel. Jadi, semakin besar kapasitas kamera anda, gambar yang dihasilkan semakin rapat.

  1. Single, Continous Shooting, dan self timer shooting

Ini adalah sistem dalam membuka rana (tirai pada kamera yang menutupi permukaan atau sensor foto). Setiap kamera digital biasanya mempunyai ketiga sistem pemotretan ini. Single dibutuhkan ketika Anda ingin menghemat frame. Jika menekan tombol rana tanpa melepasnya, sistem single hanya akan membuka rana sekali saja.

Continous adalah kebalikannya, ia adalah setingan yang dibuat untuk mendapatkan banyak frame dengan sekali pencet. Ibaratnya, sistem continous adalah fitur untuk melakukan rapid fire. Berapa frame yang dihasilkan dalam satu detik bergantung dari kecanggihan si kamera. Self timer merupakan ability kamera untuk memotret sendiri. Tinggal pencet dan tinggalkan saja. Kamera itu akan membuka rananya sendiri. Seperti bom waktu.

  1. AF-FM

Sistem focusing. AF merupakan sistem autofocus yang dimiliki kamera sehingga fotografer tidak perlu bersusah payah untuk melakukan focusing pada objek. FM merupakan sistem fokus yang mengharuskan fotografer melakukan focusing secara mandiri.

  1. Metering

Sistem yang dibuat untuk mengukur cahaya. Ini saling berkaitan dengan lightmeter. Ada setingan yang mengukur cahaya secara menyeluruh, ada yang mengukur cahaya pada objek yang berada paling tengah atau depan terakhir mengukur pada objek yang berada di titik fokus. Fitur ini bisa diubah sesuai kebutuhan dalam memotret.

  1. LCD

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. LCD merupakan alat ketika ingin melihat hasil gambar yang telah direkam.

  1. Color Mode

Untuk mengubah warna pada gambar. Di sini Anda bisa menghasilkan gambar dengan warna hitam putih, shepia, natural, atau kontras. Tinggal di-setting sesuai keinginan.

Masih banyak istilah-istilah lain yang bisa Anda dengar ketika membeli kamera. Jangan anggap remeh ‘ manual book yang ada dalam paket kamera Anda. Di sana akan dijelaskan fungsi dari kamera Anda. Bacalah dengan saksama, pahami dan aplikasikan. Dari sana, Anda bisa tahu apa sebenarnya arti dan fungsi dari istilah-istilah tersebut.

Tulisan ini dikutip dari buku “Belajar Fotografi Untuk Hobby dan Bisnis” oleh Rangga Aditiawan dan Ferren Bianca. Diterbitkan oleh Dunia Komputer, tahun 2010.

*Reporter: Muh. Ilham Raihan Yusuf