Ilustrasi pekerjaan yang menumpuk. (Foto: Int)
Ilustrasi pekerjaan yang menumpuk. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Apakah kamu punya perilaku sering menunda-nunda pekerjaan ataupun menunda tugas kuliah? Bisa jadi kamu sedang mengalami prokrastinasi.

Prokrastinasi akademikĀ adalah kecenderungan untuk menunda-nunda aktivitas yang berhubungan dengan belajar di lingkunganĀ akademik. Orang yang mengalami prokrastinasi akademik disebut prokrastinator.

Prokrastinator akan terus mencari alasan untuk menunda pekerjaan mereka. Tentu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan tugas mereka, seperti membuka sosial media, menelepon teman berjam-jam, dan sebagainya.

Berikut beberapa penyebab prokrastinasi , yaitu :

  1. Lebih Suka Melakukan Kesenangannya.

Seseorang biasanya menolak untuk mengorbankan kesenangannya untuk mengerjakan tugas yang penting sekalipun. Sehingga Ia akan menunda mengerjakan tugas untuk melakukan sesuatu yang Ia senangi.

2. Lingkungan Tidak Mendukung

Lingkungan yang tidak nyaman juga bisa membuat seeorang enggan untuk melakukan pekerjaannya dan terus menundanya.

3. Menunggu Motivasi

Alasan lainnya mengapa orang menunda mengerjakan tugasnya adalah menunggu adanya motivasi. Orang-orang dengan alasan ini akan mengaku bahwa kinerja mereka lebih baik di bawah tekanan, seperti saat mendekati tenggat waktu. Padahal mengerjakan tugas mendekati tenggat waktu justru akan membuat seseorang kewalahan.

4. Kelelahan/Stres

Stress dan kelelahan juga akan membuat seseorang melakukan prokrastinasi. Ia tidak mampu mengerjakan tugas secara maksimal sehingga Ia terus menunda pekerjaan tersebut sampai Ia tidak merasa lelah atau stress. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili/Editor: Agatoni Buttang