Penampilan drama dalam Inaugurasi Fakultas Psikologi mengangkat kondisi Skizofenia, (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Inaugurasi mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2020 mengangkat tema kondisi kesehatan mental di masa pandemi. Lewat Inauguasi yang bertepatan dengan hari kesehatan mental dunia ini, berbagai penampilan ditampilkan sebagai bentuk kepedulian tehadap kesehatan mental.

Penampilan yang ditampilkan tersebut yaitu puisi, drama, dan vokal grup. Secara bergantian ketiganya menggambarkan kondisi tentang keprihatinan terhadap kesehatan mental.

Sahwa Ainul Maghfira, mahasiswa yang menampilkan puisi menceritakan gambaran jiwa yang banyak dihantam oleh situasi pandemi seperti pembatasan mobilisasi dan maraknya pemutusan hubungan kerja. Kejadian itu membuat mental banyak orang menjadi terganggu.

“Puisi yang ditampilkan itu judulnya “Ilustrasi Jiwa Dilibas Pandemi”, dan ceritanya tentang kita yang sekarang terkena musibah pandemi berpengaruh ke kondisi kejiwaan,” katanya.

Selain itu, vokal grup membawakan lagu “Heal the World” oleh Michael Jackson. Lagu ini dibawakan karena berhubungan dengan kondisi dunia saat ini yang sedang ditimpa bencana pandemi Covid-19.

“Kami membawakan lagu itu karena bertepatan dengan hari mental health dunia juga lirik dari lagu heal the word ini cocok sekali dengan tema inaugurasi kita dan situasi kita yaitu pandemi covid 19,” kata salah satu penampil vokal grup, Nurul Ain.

Lebih lanjut, drama yang ditampilkan dalam inaugurasi ini mengangkat kondisi Skizofenia. Skizofrenia adalah gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Penderitanya juga kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

“Intinya, tokoh utama punya dendam pribadi sehingga menderita sakit jiwa, ia tidak tau mana yang benar salah,” jelas Rahman sebagai salah satu pemain drama.

Terakhir, Ia berharap bahwa penonton dapat mendapat gambaran secara gamblang terkait kondisi pandemi dan hubungannya dengan kesehatan mental yang harus senantiasa dijaga. (*)

*Reporter : Andi Nurul Izzah Ilham /Editor: Murni