Aksi Aliansi Mahasiswa UNM Tolak PTN-BH (Foto: Hasnul - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengeluarkan surat penyampaian kepada Ketua Umum Maperwa FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) terkait pernyataan sikap terhadap Independensi Lembaga Kemahasiswaan (LK) FMIPA UNM. Hal tersebut sesuai dengan surat nomor 024/B/HMJ-MAT-FMIPA-UNM/X/2021, Minggu (10/10).

Ketua Umum HMJ Matematika, Asriadi mengungkapkan alasan pernyataan sikap tersebut yakni terkait perebutan bendera BEM FMIPA pada saat pengawalan dengan Grand Issue “UNM Tolak PTN-BH” yang sampai saat ini belum dapat diambil alih.

Selain itu, sikap menunggu pelantikan untuk mendapatkan atribut lembaga tersebut yang sesuai dengan arahan pimpinan fakultas adalah bentuk pemudaran dari sifat independensi LK sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar LK FMIPA UNM.

Selanjutnya, kata Asriadi penandatanganan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh pimpinan fakultas sebagai syarat pelantikan tidak memilik landasan kuat, tidak memiliki legalitas, dan bertentangan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Pasal 2.

Terakhir, Asriadi berharap agar surat yang dikeluarkan tepat hari ini, segera ditindaklanjuti.

“Harapannya kami, apa yang kami sampaikan pada surat tersebut bisa di eksekusi dan direalisasikan,” jelasnya.

Dalam surat tersebut memuat beberapa tuntutan diantaranya:

  1. Maperwa FMIPA UNM Periode 2021-2022 memberikan peringatan secara tertulis kepada Presiden BEM FMIPA UNM Periode 2021-2022.
  2. Usut tuntas pengambilan bendera secara independen oleh Presiden BEM FMIPA UNM Periode 2021-2022 sebagai atribut lembaga.
  3. Tidak menandatangani surat pernyataan dari Pimpinan Fakultas sebagai syarat pelantikan. (*)

*Reporter: Mujahidah /Editor: Murni