Tim PKM-RSH menuju PIMNAS ke-34 (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 dengan judul “Model Tindak Tutur Berbahasa pada Imbauan Pemenuhan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dan Pengaruhnya terhadap Kepatuhan Publikā€.

PKM-RSH adalah sebuah penelitian yang dimana hasil nyatanya adalah membuat sebuah buku dari apa yang menjadi judul penelitian itu sendiri, kemudian digunakan untuk hal yang terkait dengan masalah tersebut.

Ketua Tim, Putri Magfirah Salsabila mengatakan hal yang menjadi motivasi untuk mengangkat judul ini karena melihat di masa pandemi Covid-19, imbauan yang pemerintah lakukan masih sering diabaikan oleh masyarakat.

“Untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya tindak tutur berbahasa dalam mempengaruhi kepatuhan publik terhadap protokol kesehatan,” katanya.

Lanjut, Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia ini menjelaskan bahwa hasil penelitian ini adalah sebuah buku yang berjudul “Model komunikasi akurat dalam memengaruhi kepatuhan publik di masa pandemi Covid-19” dimana nantinya akan digunakan sebagai buku panduan tindak tutur bagi pemerintah kepada masyarakat dan juga bisa sebagai rujukan bagi satgas Covid-19.

“Selain itu juga, hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pemerintah, satgas Covid-19 serta BNPB untuk menjadi model sosialisasi covid-19,” jelasnya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2017 ini merasa puas dengan usahanya dalam karena dapat menyelesaikan penelitian ini bahkan dapat membawa penelitian ini ke Pimnas, Ia juga sangat berterima kasih kepada dosen pendampingnya atas bimbingannya selama ini, Ia juga berharap memberi hasil yang terbaik untuk UNM di Pimnas.

“Alhamdulillah bagi saya sendiri dan tim sangat merasa puas karena semua usaha telah kita berikan untuk menyelesaikan penelitian ini, dan bisa sampai tahap akhir PKM yaitu membawa penelitian ini sampai PIMNAS, semua itu tak lepas dari dukungan dan bimbingan oleh dosen pendamping kami yaitu bapak Sultan. Insyaa Allah besar harapan kami bisa memberikan medali bagi kampus tercinta melalui penelitian ini, aamiin,” harapnya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman/Editor: Mustika Fitri