Muthia Nur Cahya MP Meraih Medali Emas di Cabor Senam Artistik (Foto:Ist)

PROFESI-UNM.COM – Muthia Nur Cahya MP Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Peraih medali emas di PON XX PAPUA 2021 kontingen Sulawesi Selatan.

Muthia Nur Cahya MP adalah mahasiswa UNM angkatan 2021, Ia merupakan salah satu atlet senam artistik kebanggan Sulsel dan Indonesia, di usia yang masih menginjak 19 tahun sudah mempunyai segudang prestasi dan bertanding mewakili Indonesia di Ajang Asian Games 2018 kemarin.

Wanita kelahiran Makassar ini merupakan atlet Senam nasional Indonesia jebolan Pelatihan Nasional (Pelatnas) Senam yang ada di Jakarta dan Surabaya. Sebelumnya Ia adalah alumni Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan tempat pembibitan atlet terbaik yang ada di Jakarta.

Muti sapaannya mengatakan untuk sampai di tahap sekarang adalah hal yang tidak mudah, latihan setiap hari untuk bisa masuk di tim pelatnas, menjaga stamina, pola hidup, dan mengatur waktu adalah hal yang harus di jaga.

“Kalau dipanggil buat pelatnas itu pasti diliat prestasi-prestasi sebelumnya setelah itu kita adakan seleknas buat masuk pelatnas, siapa yang tertinggi dia yang masuk pelatnas, Alhamdulillah muti bisa lolos masuk pelatnas, meskipun saingannya berat-berat,” ujarnya.

Lanjut, Muti adalah salah satu atlet yang lolos seleksi mengikuti Asian Games 2018 cabang olahraga Senam Artistik mewakili Indonesia sebagai tuan rumah, walaupun belum dapat juara, ada diposisi seperti bukanlah hal yang mudah.

“Belum dapat, berat sekali saingannya,” katanya.

Wanita kelahiran 2002 ini mengatakan persiapan untuk sampai ke PON dan mendapat emas itu latihannya luar biasa dan harus menjaga pola makan.

“Persiapannya yang pasti latihan pagi sore setiap harinya, kalau senam juga tidak bisa terlalu gemuk, jadi benar-benar harus tahan makan juga,” katanya.

Terakhir, Muti menyampaikan rasa senang dan bangganya telah berhasil memperoleh medali emas untuk Sulsel, tidak lupa juga Ia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang terdekatnya telah mendukung sampai bisa menjadi sekarang ini.

“Alhamdulillah yang pasti bangga, bersyukur banget bisa mencapai target, mau berterima kasih juga buat pelatih Muti, orang tua Muti yang selalu doa dan support muti,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman/Editor: Mustika Fitri