Inovasi Alat Smart Rescue Box Tim PKM-KC UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) skim Karsa Cipta (KC) Universitas Negeri Makassar (UNM) dinyatakan lolos dalam seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2021, pada Selasa (28/9).

PKM berjudul “Smart Rescue Box Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Sebagai Solusi Tanggap Darurat Bencana Indonesia” ini beranggotakan tiga orang, Dewi Sri Mulyana Supriadi, Dewi Sri Mulyani Supriadi, dan Nur Indra Pratiwi.

Ketua tim, Dewi Sri Mulyana mengatakan alat ini dapat menjadi penyedia kebutuhan bagi korban pasca bencana.

“Smart Rescue Box merupakan sebuah alat yang dapat menyediakan kebutuhan pasca bencana seperti sumber listrik, obat-obatan, tenda, dan kebutuhan darurat lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Ia juga membeberkan cara kerja alat ini yang terintegrasi dengan sistem informasi dengan menggunakan solar tracker sebagai sumber listrik.

“Box terintegrasi dengan sistem informasi (Smart Rescue Box Information System) berbasis mobile web yang dapat memudahkan koordinasi logistik dan sebagai sumber informasi utama bagi semua pihak terkait penanggulangan pasca bencana. Sumber listrik disini diperoleh dari solar tracker pada box,” ujarnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Anna ini juga menjelaskan tahapan-tahapan selanjutnya yang akan ia lalui sebelum pelaksanaan Pimnas.

“Tahap selanjutnya persiapan untuk kegiatan Pimnas. Di sini kita akan presentasi dengan tim yang juga lolos Pimnas. Ada juga poster yang harus disiapkan untuk dilombakan. Tagihan lainnya juga mempersiapkan artikel, itu semua tagihan yang dipersiapkan untuk Pimnas nanti,” jelasnya.

Terakhir, Ia berharap agar inovasi yang ia ciptakan dapat memberikan manfaat dalam skala nasional dan kembali menorehkan prestasi untuk UNM.

“Harapannya inovasi dari tim kami dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam skala nasional sehingga menjadi solusi tanggap darurat bencana di Indonesia. Tim kami juga berharap bisa memberikan yang terbaik di ajang PIMNAS 34 nanti,” harapnya. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar /Editor: Murni