Pentas seni Aksara FIP UNM, (Foto: Muhammad Ainun Najib).

PROFESI-UNM.COM – Aksara Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan pentas seni. Acara ini dilaksanakan di lapangan FIP UNM, Senin (4/10).

Pentas bertema “Re Dentong” tersebut menampilkan berbagai macam karya mulai dari tarian maddoja bine dan tari appapole hingga teater yang berkisah tentang masyarakat Barru yakni To Balo.

Ketua Panitia, Natifa mengatakan pementasan ini diadakan dalam rangka memperingati hari lahir Aksara yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ia mengatakan pementasan ini seharusnya dihelat bulan Mei namun sempat terhenti karena maraknya pandemi Covid-19.

“Dilaksanakan tanggal empat karena hari sakralnya Aksara tidak boleh dilaksanakan pementasan diluar tanggal yang tidak ada empat,” ungkapnya.

Pementasan ini sukses dilakukan dengan membutuhkan waktu proses latihan selama empat bulan sejak bulan enam dengan jumlah penampil sebanyak 45 orang.

Mahasiswa angkatan 2019 ini berharap agar tetap menjaga solidaritas dalam pementasan aksara kedepannya dan semoga dapat kembali dilaksanakan pementasan pada bulan juni.

“Tetap menjaga kesakralannya tiap tahun dan semoga bisa kembali bulan 5 pementasannya,” harapnya.

Acara ini diikuti kurang lebih 150 orang, Acara ini di sponsori Birokrasi Fakultas dan juga dana kreatif mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. (*)

*Reporter: Muhammad Ainun Najib/Editor: Agatoni Buttang