Foto bersama narasumber webinar nasional. (Foto-Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Psikologi menggelar Webinar Nasional Psikologi Kebangsaan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2021. Kegiatan ini digelar blended di Aula Lantai 5 Pascasarjana UNM dan via Zoom Meeting, Sabtu (2/10).

Webinar ini mengangkat tema “Kesaktian Pancasila dalam Konteks Responsif Generasi Muda dengan Problem Kebangsaan.” Serta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Program Pascasarjana Studi S2 Psikologi UNM dan Asosiasi Psikologi Islam Sulawesi Selatan.

Adapun pembicara dalam webinar ini yaitu Pengamat Politik Arqam Azikin, Dosen Psikologi UNM Ahmad, Mubalig dan Akademisi Abdul Wahid, Dosen Hukum Unhas Sakka Patti, dan Kabid Humas Polda Sulsel E. Zulfan.

Ketua Panitia Muh. Bakir mengatakan tujuan utama webinar ini memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pengtingnya memahami dan mengamalkan Ideologi Pancasila sebagai pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemahaman dan ideologi Pancasila diperlukan sehingga problematika yang hadir pada bangsa ini mampu menyadarkan generasi muda terkait pentingnya menjadi agent of change demi terciptanya bangsa Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu Dekan Fakultas Psikologi UNM Muh. Daud, dalam sambutannya menyampaikan Webinar Nasional Psikologi Kebangsaan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis, karena kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian hari kesaktian Pancasila. 

“Webinar ini memberikan gambaran dan pemahaman kepada generasi muda akan pentingnya mengambil nilai-nilai Pancasila untuk diaplikasikan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 300 mahasiswa yang yang terdiri dari mahasiswa Modul Nusantara, Mahasiswa Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi dan Pascasarjana UNM serta berbagai Perguruan Tinggi dan kalangan profesional. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama