sambutan Rektor UNM, Husain Syam di Kuliah umum kewirausahaan, (Foto: Agatoni Buttang).

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam meminta Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, agar mahasiswa UNM yang program wajib mata kuliah kewirausahaan dapat dinyatakan lulus mata kuliah kewirausahaan jika telah empat kali mengikuti kuliah umum kewirausahaan.

Hal itu diungkapkan dalam Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda UNM bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan di Ballroom Teater, Menara Pinisi. Senin (4/10).

“Catat itu, kalau sudah empat kali ikut kasih bukti yang dilaksanakan Kemenpora atau sekelasnya maka saya bisa konversi lulus mata kuliah kewirausahaan,” ucapnya.

Ia menantang mahasiswa dengan mengikuti kuliah umum yang dilaksanakan Kemenpora atau sekelasnya. Husain menyebut dengan mengikuti kuliah umum kewirausahaan sebanyak empat kali sama saja dengan mengikuti pembelajaran selama satu semester. Kata Husain, apalagi jika dalam kuliah umum yang dilaksanakan menghadirkan wirausahawan yang sukses membangun usaha maupun start up.

“Kalau ikut sama saja dengan 16 kali pertemuan apalagi empat kali, jadi wajar dinyatakan lulus,” jelasnya.

Eks Dekan Fakultas Teknik ini juga mengatakan sejak 2019 UNM menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendorong mahasiswa dan alumni menjadi wirausaha.

“Wajib mata kuliah kewirausahaan karena kita telah mendorong kampus kini menjadi kampus enterpreneur salah satu kampus pilihan bagi generasi muda, alumni SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” katanya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang