Apud kusaeri saat berlangsungnya Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda, Senin (4/9), (Foto: Mujahidah).

PROFESI-UNM.COM – Muhammad Apud Kusaeri menyinggung musuh besar dalam berwirausaha di era digital saat ini yakni mindset feodal. Pada Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda yang berlangsung di Ballroom Teater, Gedung Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (4/9).

Mengusung tema “Membangun Wirausaha Millenial Berkompeten Menuju Indonesia Maju”, Apud sebagai salah satu narasumber menjelaskan sebelum memikirkan untuk melakukan usaha di era digital ini kita harus membuang mindset feodal yang ada.

“Mindset feodal yaitu mindset yang ingin mudah, gak pengen capek, santuy aja tapi ingin dapat income yang besar,” ujar Direktur PT. Trustco Cipta Madani ini.

Dalam pembahasannya, Ia juga menjelaskan tiga modal utama yang diperlukan dalam berwirausaha yaitu mindset and attitude (pola pikir dan sikap), knowledge (pengetahuan), dan skill (keterampilan).

Terakhir, Ia memberikan pesan agar generasi muda untuk jalan terus jangan pernah berhenti sembari menjaga optimisme dan skill yang bisa dimanfaatkan sebagai penunjang di era ini. Konsultan trainer dan budaya kerja ini juga menegaskan bahwa di era ini yang sangat dibutuhkan adalah pemahaman terkait digital marketing.

“Makin berani kita terjun, makin sering kita menggeluti, maka makin lancar dan mahir. Kita harus belajar banyak, belajar keras, dan bersedia collab dengan yang lain agar bisa sukses di era digital,” tutupnya.(*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah