Tim PKM PI UNM saat bersama mitra CV. Putra Mataram - (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Salah satu tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penerapan Iptek (PI) Universitas Negeri Makassar (UNM) Lolos PIMNAS dengan judul Mesin Pengering Biji Kakao Berbasis Hybrid Tenaga Surya Dan Biomassa Untuk Meningkatkan Produktivitas Cv. Putra Mataram (Macoa), Minggu (3/10).

Dosen pembimbing dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Pertanian yaitu Andi Muhammad Akram Mukhlis. Tim ini diketuai oleh Widya Astuti Rinduwati dari Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian, dengan empat anggota yaitu dian Aninda sari dari prodi pendidikan teknologi pertanian angkatan (2017), Muh. Azikin Sofyan dari jurusan pendidikan teknik informatika dan komputer angkatan( 2018), Anisa Rusli dari pendidikan biologi angkatan (2018) dan Nurul Izzah Yunus dari prodi pendidikan vokasional mekatronika angkatan (2018).

Ketua Tim PKM-PI UNM, Widya Astuti Rinduwati dari prodi Pendidikan Teknologi Pertanian angkatan 2017 ini merasa bersyukur dan sangat bahagia, Ia tidak menyangka akan judul PKMnya akan lulus Seleksi PIMNAS

“Pastinya luar biasa dan saya sangat bersyukur dan saya selalu ingat kalimat yang sering menjadi motivasi saya dalam melakukan apa pun bahwa Percayalah pada waktu yang diberikan Tuhan dan lebih percayalah pada rencananya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa dengan lolosnya PIMNAS ini merupakan hadiah di penghujung studi bisa mempersembahkan sesuatu hal yang nantinya akan dikenang baik diri sendiri maupun orang lain.

Lanjut, Ia mengatakan terkait dengan judul PKM yang diambil Merupakan permasalahan yang di temukan pada saat Praktek industri (PI) dan di rebukkan bersama tapi untuk mengangkat mengapa mengambil mesin pengering biji kakao.

“Untuk judulnya saya yang mengajukan dengan permasalahan yang saya temukan saat di tempat praktek industri setelah konsultasi dan menemukan anggota yang pas akhirnya kami rebukkan bersama,” katanya.

Widya sapaannya berharap dapat membuahkan hasil terbaik dan bekerja semaksimalnya untuk dua timnya yang ia jalankan.

“Saya harap memberikan hasil yang terbaik dan semoga bisa memberikan usaha yang maksimal untuk hasil yang maksimal di 2 tim yang saya jalani,” harapnya. (*)

*Reporter: Anugrah hms / Editor: Sumaya Nursyahidah