Tim Robot Dielektrik V FT-UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Dielektrik V Universitas Negeri Makassar dinyatakan lolos ke tingkat nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), pada Selasa (28/9).

Tim tersebut terdiri Nurul Istiqamah Qalbi, Muh Alief Anugerah, Muh Arya Kusuma Wardana, dan Haslina dari Fakultas Teknik di bawah bimbingan dosen Andi Baso Kaswar.

Ketua tim, Nurul Istiqamah mengatakan timnya berhasil lolos setelah melewati seleksi tingkat wilayah.

“Alhamdulillah, sekarang sudah selesai seleksi Wilayah 2,” ucapnya.

Mahasiswa angkatan 2019 itu juga membeberkan proses yang dilakukan pada tahap seleksi.

“Untuk divisi KRSTI itu setiap tim terdiri dari 4 mahasiswa dengan seorang dosen pembimbing, diwajibkan untuk membuat dua buah robot humanoid yang terkoordinasi untuk menampilkan seni tari sesuai tema kontes. Tahun ini temanya tari Gambyong Pareanom, jadi kedua robot menari otomatis mengikuti alunan musik yang diperdengarkan,” katanya.

Namun, hal yang unik pada KRSTI tahun ini adalah konsep gerakan robot memasang masker dan mencuci tangan sebelum robot melakukan tarian.

“Tahun ini, pakaian dan aksesorinya disesuaikan dengan tari Gambyong
Pareanom dan juga masa pandemi Covid-19 jadi robotnya itu sebelum menari dia melakukan gerak pasang masker dan cuci tangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengalami beberapa kendala selama kompetisi berlangsung.

“Kendala kami pada proses pengerjaan robot sampai ke tahap seleksi ialah bagaimana menyelaraskan gerakan tari kedua robot dengan alunan musik tari Gambyong Pareanom,” katanya.

Terakhir, Ia berharap agar kedepannya semakin banyak mahasiswa yang tertarik dengan robotik dan teknologi serta dapat menorehkan prestasi untuk UNM.

“Harapan kami kedepannya akan lebih banyak lagi teman-teman yang memiliki minat di bidang teknologi dan robotik dapat bergabung bersama kami di komunitas robot NN dan meneruskan perjuangan kami dan bisa menggapai juara di tingkat nasional dan berdiri sejajar dengan kampus besar lainnya,” harapnya. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar/ Editor: Sumaya Nursyahidah