Robot SAR ciptaan Mahasiswa JTIK FT UNM. Foto:Ist.

PROFESI-UNM.COM – Karya inovatif kembali ditunjukkan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM). Empat mahasiswa yang bergabung dalam Tim Robotik Askara berhasil menciptakan robot SAR yang mampu memadamkan api dan menyelematkan korban kebakaran.

Mereka adalah M. Sukron Kurniawan, Salahuddin, Agung Barolla, dan Muhammad Fadhil Firdaus. Robot canggih yang diciptakannya akan diikutkan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemdikbud Ristek).

Anggota Tim, Sukron mengatakan robot ini mampu memadamkan api dan mengevakuasi calon korban kebakaran ke safety zone. Ia menjelaskan robot ini mampu melewati rintangan pada lantai dan dapat bergerak sendiri tanpa dikendalikan oleh manusia. Kata Sukron, karya ciptaannya ini merupakan salah satu inovasi yang sangat dibutuhkan di Indonesia karena seringkali terjadi musibah kebakaran di berbagai wilayah.

“Robot ini dapat menyelamatkan korban ke tempat aman dan mendeteksi api karena kami telah memasangkan sensor pada robot ini,” katanya.

Sukron berharap robot yang akan berlaga di kompetisi robot nasional ini dapat meraih prestasi level nasional dan internasional. Ia juga berharap robot ini dapat berkembang setiap tahunnya mulai dari pendanaan dan fasilitas yang diberikan oleh birokrat agar pengembangan minat dan bakat mahasiswa dapat semakin meningkat.

“Dana dan fasilitas dari birokrasi karena lomba robotic ini memerlukan biaya yang tidak sedikit,” harapnya. (*)

*Reporter: Muhammad Ainun Najib/Editor: Agatoni Buttang