Marketing Event dalam Bisnis (sumber: int)

PROFESI-UNM.COM – Marketing events atau kegiatan Public Relation (PR) merupakan kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Kegiatan publik relasi ini membutuhkan komitmen perusahaan kepada lingkungan masyarakat baik sebagai target konsumen atau bukan konsumen.

Tugas PR ini antara lain menjalin hubungan terkait dengan dengan pemerintah setempat, dengan pemerintah daerah; membina hubungan dengan instansi yang perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung, menjalin hubungan baik dengan instansi terkait dengan bisnis utama perusahaan; dan mempertahankan hubungan dan meningkatkan imej perusahaan di mata masyarakat dan instansi terkait, terutama dengan penguasa setempat.

PR ini harus menangani semua keluhan atau melakukan komunikasi kepada masyarakat atau publik, dapat melalui kegiatan sosial, beasiswa, program kesehatan gratis, pembuatan tempat kegiatan belajar mengajar di lingkungan perusahaan tersebut berada.

Pada dasarnya kegiatan PR bagi perusahaan adalah memberitahukan atau menginfokan ke pada masyarakat bahwa perusahaan tersebut berguna dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya; dan mampu memberikan nilai lebih pada kehidupan masyarakat lingkungannya.

Kegiatan PR perusahaan sering dikolaborasikan dengan kegiatan customer social responsibility. Customer social responsibility (CSR) perusahaan saat telah menjadi salah hal penting dan telah menjadi salah satu program promosi yang berdampak pada image perusahaan dan produk dalam jangka panjang.

Hampir semua perusahaan besar baik perusahaan nasional ataupun international telah memiliki program CSR secara berkelanjutan. Program CSR telah digunakan sebagai kegiatan program promosi yang efektif dan efisien di media televisi komersial. Program CSR telah banyak ditulis dalam buku-buku khusus, oleh para ahli, dan pembaca dapat membacanya.

Tulisan ini dikutip dari Buku Marketing Plan! Dalam Bisnis, karya Ir. Titik Wijayanti, MM pada halaman 80-81 terbitan PT Elex Media Komputindo pada tahun 2017. (*)

*Reporter: Resky Nurhalizah/ Editor: Sumaya Nursyahidah