Pelatihan manajemen usaha pengrajin gerabah di kabupaten Takalar, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar memberikan pelatihan manajemen usaha di Kelurahan Pallantikan Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar, Sabtu (25/9). Tim PKM ini beranggotakan Anwar, Inana, dan Nurjannah.

Pelatihan ini diberikan agar pengrajin gerabah Takalar yang menjadi mayoritas mata pencaharian masyarakat dapat bersaing di pasar.

Ketua Tim, Anwar menjelaskan, usaha gerabah dapat bersaing ditentukan oleh kemampuan manajemen yang baik dalam aktivitas usaha, seperti pengelolaan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

“Tiga bagian ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat keterkaitannya satu dengan yang lain,” jelas Ketua Tim, Anwar.

Pencatatan keuangan yang baik akan memberikan perencaan produksi yang baik dan berdampak pada penjualan hasil produksi.Tim PKM Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Beri Pelatihan Manajemen Usaha Pengrajin Gerabah Takala Sumber daya manusia menjadi aset berharga sehingga dituntut memiliki kecakapan dan skill yang memadai.

Strategi usaha gerabah dalam meningkatkan keuntungan usaha harus melalui perencanaan yang matang dengan menggunakan analisis titik pulang pokok atau disebut BEP. Strategi usaha gerabah dapat maksimal melalui perencanaan usaha yang baik dalam kelayakan usaha. Pengrajin dapat menghitung keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan konsep break event point.

Salah satu peserta, Yunus mengatakan, pelatihan memberikan wawasan baru dalam pengelolaan usaha gerabah untuk meningkatkan keuntungan. Hal inipun membuat Ia berterima kasih kepada para penyelenggara kegiatan.

“Kami sangat berterima kasih telah diberikan ilmu dalam mengelola usaha, sehingga nantinya dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam usaha gerabah. Besar harapan kami, ada lagi pelatihan seperti ini untuk memberikan pencerahan agar kami dapat mengelola usaha dengan benar,” tutur Yunus. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A