Buku Ekonomi Manajerial, (Foto: Int)
Buku Ekonomi Manajerial, (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Supply/Penawaran merupakan jumlah dari barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual di pasar tergantung pada sejumlah besar variabel. Akan tetapi, sama seperti demand, untuk mempermudah analisis, bisa dipilih faktor-faktor yang penting saja dan sisanya diangap tidak berpengaruh.

  1. Harga jual barang tersebut
    Makin tinggi harga jual, makin banyak barang yang ditawarkan. ini disebabkan karena hal berikut:

a. Makin tinggi harga, makin tinggi profit yang tersedia bagi perusahaan yang memproduksi dan menjual barang tersebut. Hal ini akan mendorong perusahaan untuk memproduksi dan menjual lebih banyak
b. Kenaikan harga dan profit akan menarik perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke pasar tersebut sehingga supply barang akan meningkat

  1. Tingkat teknologi
    Selain harga, faktor lain yang dianggap penting dan dapat mempengaruhi supply barang dan jasa di pasar adalah tingkat teknologi Makin tinggi teknologi, makin rendah biaya produksi perusahaan (dengan asumsi perusahaan lebih capital intense relatif terhadap tenaga kerja), sehingga makin tinggi apply barang pada harga tertentu.
  2. Harga input
    Perubahan harga input yang dipakai dalam proses produksi juga berpengaruh terhadap mupply barang pada harga tertentu. Kenaikan harga infad akan meningkatkan biaya produksi. Pada harga jual yang tetap, hal ini akan menurunkan supply barang, Sebaliknya, penurunan harga akan menurunkan biaya produksi dan menaikkan supply barang.
  3. Harga barang terkait
    Harga barang terkait yang bersifat substitun juga bisa mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya, bila harga barang tempe naik, sementara harga tahu tetap, produsen akan berhenti produksi dan ganti produksi tempe. Akibatnya, penawaran tempe akan naik atau penawaran tahu akan turun. Untuk barang manufaktur, perubahan harga barang substitusi akan menyebabkan produsen menggeser sumber daya dari barang yang satu (yang harganya lebih rendah) ke barang lain yang harganya lebih tinggi).

Untuk barang terkait yang bersifat komplementer, kenaikan harga barang A akan menaikkan penawaran barang A, yang selanjutnya akan mendorong kenaikan penawaran barang B

  1. Harapan akan kenaikkan harga di masa mendatang
    Dari segi harapan akan kenaikan harga di masa mendatang, bila produsen menganggap harga akan naik bulan depan, saat ini mereka akan mengurangi penjualan (supply barang tersebut) sambil menunggu harganya membaik dan menambah inventori.

Tulisan ini dikutip dari buku Ekonomi Manajerial karya Yoopi Abimanyu. Edisi Ketiga diterbitkan oleh Ghalia Indonesia tahun 2016. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah