Ketua PLP UNM, Dian Novita Siswanti dengan sertifikat akreditasi PLP FPsi UNM, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) meraih akreditasi B dalam hal pengakuan kelayakan penyelenggara penilaian kompetensi. Sertifikat ini diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara sejak (10/9) dengan nomor 24/BKN/IX/2021.

Ketua PLP UNM, Dian Novita Siswanti, mengungkapkan, proses akreditasi sudah dimulai sejak tahun 2020.

“Pengajuan berkas akreditasi dilakukan tahun 2020, proses awal 2021, masukkan berkas diawal juli, pengumuman akreditasi 15 September 2021,” ungkap ketua PLP UNM.

Salah satu syaratnya pun, pimpinan lembaga harus mengikuti workshop, selama tiga hari yang dilakukan oleh BKN serta sertifikat dilakukan sebagai syarat pengajuan akreditasi bimtek oleh assesor pusat BKN.

Seluruh sumber daya manusia PLP, merupakan dosen psikologi yang memiliki sertifikat assesor, berpengalaman assessment. Namun, sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran virus Covid-19, pelayanan pun dilakukan online. Hal ini dimanfaatkan untuk mengurus berkas pendukung akreditasi.

“Apalagi tidak bisa berjalan krna akreditasi belum jadi selama pandemi digunakan untuk mengurus,” jelasnya.

Dian berharap proses pelayanan dapat terjalin kembali. “Semoga bisa kembali melayani klien yang sudah perjanjian kerjasama,” harap dosen Fpsi itu.

Terakhir, Ia menuturkan, akreditasi ini hanya berlaku tiga tahun kedepan, dan kedepannya PLP UNM akan berusaha meraih akreditasi A. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid