Buku Ekonomi Manajerial. (Foto: Sumaya Nursyahidah).
Buku Ekonomi Manajerial. (Foto: Sumaya Nursyahidah).

PROFESI-UNM.COM – Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu (Rahardja & Manurung, 2002). Supaya lebih akurat maka dalam pengertian tersebut perlu ditambahkan dimensi geografis, misalnya kita berbicara tentang berapa jumlah pakaian yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga dalam satu periode waktu tertentu, per bulan atau per tahun, di Jakarta.

Permintaan seseorang atau suatu masyarakat terhadap suatu barang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain:

  1. Harga barang itu sendiri
    Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah. Begitu juga sebaliknya.
  2. Harga barang lain yang terkait
    Harga barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan akan suatu barang, tetapi kedua macam barang tersebut mempunyal keterkaitan. Keterkaitan dua macam barang dapat bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap). Suatu barang menjadi substitusi barang lain bila terpenuhi paling tidak salah satu syarat dari dua syarat: memiliki fungsi yang sama dan atau kandungan yang sama
  3. Tingkat pendapatan per kapital
    Tingkat pendapatan per kapital dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
  4. Selera atau kebiasaan
    Selera atau kebiasaan juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang. Beras misalnya. Walaupun harganya sama, permintaan beras per tahun di provinsi Maluku mungkin lebih rendah dibanding dengan di Sumatera Utara. Mengapa? karena orang-orang Maluku lebih menyukai sagu.
  5. Jumlah penduduk
    Kita ambil contoh beras, sebagai makanan pokok rakyat Indonesia, maka permintaan akan beras berhubungan positif dengan jumlah penduduk. Makin banyak jumlah penduduk, permintaan akan beras makin banyak.
  6. Perkiraan harga di masa mendatang
    Bila diperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang itu sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.
  7. Distribusi pendapatan
    Tingkat pendapatan per kapital bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Artinya sebagian kecil kelompok masyarakat menguasai begitu besar “kue” pereko nomian. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
  8. Usaha-usaha produsen dalam meningkatkan penjualan
    Dalam perekonomian yang modern, bujukan para penjual untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Pengiklanan memungkinkan masyarakat untuk mengenal suatu barang baru atau menimbulkan permintaan terhadap barang tersebut.

Tulisan ini dikutip dari buku Ekonomi Manajerial karya Yoopi Abimanyu. Edisi Ketiga diterbitkan oleh Ghalia Indonesia tahun 2016. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah